TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Personel Pendam Jaya dan Hubdam Jaya Menerima Pencerahan Dari Bintaldam Jaya

By 14 Jun 2016 14:28Kodam Jaya
14 Juni 2016 V

Sebanyak 120 orang personel Militer dan PNS Pendam Jaya serta Hubdam Jaya, menerima pencerahan Bintal dari Bintaldam Jaya yang disampaikan oleh Kapten Inf Tatang Suhari, dalam bintal kali ini yang disampaikan yaitu Ketahanan Nasional pada prajurit TNI AD khususnya Kodam Jaya, yang sehari-hari bertugas mengamankan Ibu Kota Negara. Acara ini dilaksanakan di Aula Hubdam Jaya Kodam Jaya Jln. Mayjen Sutoyo Cililitan Jakarta Timur. Selasa (14/6/2016).

Dalam bintalnya Kapten Inf Tatang Suhari menyampaikan tentang Ketahanan Nasional pada prajurit TNI AD, khususnya Kodam Jaya yang bertujuan guna Menegakan Hukum dan Ketertiban Nasional, yang berfungsi sebagai daya tangkal dari Ancaman Gangguan Hambatan Tindakan terhadap bangsa asing. Dan juga merupakan keuletan yang mengandung kemampuan dalam mengembangkan kekuatan Nasional. Serta merupakan pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan secara seimbang, serasi, selaras dalam seluruh aspek kehidupan Nasional.

Lebih lanjut disampaikan oleh Kapten Inf Tatang Suhari adapun Asaz dari Pertahanan Nasional seperti, Kesejahteraan, Mandiri, Wibawa, Konsultasi & Kerjasama. Kesejahteraan dan keamanan merupakan kebutuhan manusia yang mendasar serta esensial baik sebagai perseorangan maupun kelompok dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Realisasi kondisi kesejahteraan dan keamanan dapat dicapai dengan menitik beratkan kepada kesejahteraan, tanpa mengabaikan keamanan. Sebaliknya, memberikan prioritas pada keamanan tidak boleh mengabaikan kesejahteraan. Baik kesejahteraan maupun keamanan harus selalu berdampingan pada kondisi apa pun.

Adapun Aspek-aspek dari Ketahanan Nasional seperti, Ketahanan ideologi, adalah kondisi mental bangsa Indonesia yang berdasarkan keyakinan akan kebenaran ideologi Pancasila yang mengandung kemampuan untuk menggalang dan memelihara persatuan dan kesatuan nasional dan kemampuan untuk menangkal penetrasi ideologi asing serta nilai-nilai yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Ketahanan politik, adalah kondisi kehidupan politik bangsa Indonesia yang berlandaskan demokrasi yang bertumpu pada pengembangan demokrasi Pancasila dan UUD 1945 yang mengandung kemampuan memelihara stabilitas politik yang sehat dan dinamis serta kemampuan menerapkan politik luar negeri yang bebas aktif.
Ketahanan ekonomi, adalah kondisi kehidupan perekonomian bangsa Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 yang mengandung kemampuan menerapkan stabilitas ekonomi yang sehat dan dinamis serta kemampuan menciptakan kemandirian ekonomi nasional dengan daya saing yang tinggi dan mewujudkan kemakmuran rakyat yang adil dan makmur.

Dengan demikian maka inti dari pencerahan bintal pada kali ini bahwa Ketahanan Nasional pada prajurit TNI AD khususnya Kodam Jaya serta Kesejahteraan prajurit TNI AD dan Keamanan harus seimbang, serasi, selaras dan sejalan dalam aspek kehidupan Nasional. Maka Prajurit Kodam Jaya yang loyal dan taat terhadap norma sosial dan norma hukum yang berlaku di tengah masyarakat, Prajurit Kodam Jaya yang memiliki kecukupan ekonomi, sehingga menjadi motivasi dlm pelaks tugas, Prajurit Kodam Jaya yang profesional sesuai dg tugas dan tanggung jawabnya. Prajurit Kodam Jaya yang memiliki jiwa sosial dan budi pekerti yg baik, sehingga dpt diterima oleh lingkungan dimanapun mereka bertugas.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakapendam Jaya, para Kasi Hubdam Jaya, para Kasi Pendam Jaya, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Pendam Jaya dan Hubdam Jaya.

Personel Pendam Jaya dan Hubdam Jaya Menerima Pencerahan Dari Bintaldam Jaya