TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509 Kostrad Gelar Pengobatan Massal

By 15 Jun 2016 10:15Kostrad
15 Juli 2016 C

Sebagai realisasi dari seruan Letkol Inf Beny Setiyanto selaku Komandan Batalyon (Danyon) sekaligus Komandan Satgas (Dansatgas) Pamrahwan (Pengamanan Daerah Rawan) Papua dan Papua Barat dari Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 509 Kostrad untuk melancarkan “Serbuan Teritorial” di seluruh wilayah penugasan Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509 Kostrad di Papua dan Papua Barat, mulai dari wilayah Sorong, Manokwari, Enarotali sampai dengan Puncak Jaya, Tim Kesehatan Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509 Kostrad di Puncak Jaya kembali menggelar kegiatan Pengobatan Massal Gratis.

Kegiatan kali ini mengambil lokasi di Distrik Kulirik tepatnya di SDN Dondobaga Kulirik dengan sasaran utama adalah pemberian pelayanan kesehatan bagi siswa-siswi SDN Dondobaga Kulirik sekaligus memberikan penyuluhan kesehatan mengenai pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kegiatan ini digelar sebagai upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat khususnya di wilayah kota Mulia, Puncak Jaya. Dipilihnya SDN Dondobaga Kulirik sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Pengobatan Massal Gratis tidak hanya semata-mata dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada siswa-siswi SDN Dondobaga Kulirik, tetapi melainkan sebagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran sejak dini kepada siswa-siswi SDN Dondobaga Kulirik agar dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari karena sebagian besar masyarakat masih kurang tingkat pengetahuan dan kesadarannya akan pentingnya kebersihan diri dan sanitasi lingkungan, yang menyebabkan mereka mudah untuk terkena penyakit. Kebanyakan dari siswa-siswi yang berobat mereka terkena penyakit kulit, yaitu dermatitis, pioderma, jamur pada kulit seperti panu, kurap, dan lain-lain.

Walau ditujukan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi siswa-siswi SDN Dondobaga Kulirik, akan tetapi cukup banyak juga warga disekitaran distrik Kulirik yang ikut serta untuk mendapatkan pengobatan gratis.

Menurut Dokter Satgas Lettu Ckm dr. Arnov Lahira Eriskan yang memimpin langsung pelaksanaan kegiatan ini, “Kami akan memberikan pengobatan secara gratis kepada siapa saja masyarakat yang membutuhkan, satgas akan memberdayakan semaksimal mungkin tenaga kesehatan dan obat-obatan yang dimiliki serta berkoordinasi dengan pihak terkait, dalam hal ini Dinas Kesehatan Puncak Jaya dan Ikatan Forum Dokter Puncak Jaya Untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat disini”. dr. Arnov L.E juga menambahkan, “Bagi warga yang tidak sempat datang untuk ikut serta di dalam kegiatan Pengobatan Massal Gratis yang kami adakan seperti ini dapat langsung datang ke pos-pos Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509 Kostrad, dimana di tiap pos sudah ditempatkan tenaga kesehatan yang siap 1×24 jam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat”.

Selain ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Papua khususnya di wilayah kota Mulia, Puncak Jaya, kegiatan Pengobatan Massal Gratis yang dilaksanakan ini juga sebagai upaya teritorial dari Satgas Pamrahwan Yonif 509/R dalam rangka mengambil hati dan simpati dari masyarakat. “Kami selaku anggota TNI ingin terus berbaur bersama di kalangan masyarakat, kami berharap TNI bisa merakyat sebab TNI adalah tentara rakyat yang berasal dari rakyat dan untuk rakyat,” jelas Dansatgas.

Ditambahkan, bahwa tugas TNI bukan semata mata menjaga keutuhan NKRI, tetapi juga melakukan pembinaan kepada masyarakat, sehingga kehadiran TNI khususnya Yonif Raider 509 Kostrad di wilayah penugasan Papua dan Papua Barat mulai dari Sorong, Manokwari, Enarotali sampai Puncak Jaya dapat bermanfaat banyak dan benar-benar dirasakan bagi masyarakat.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Satuan Kodam V/Brawijaya Kostrad Kodam II/Sriwijaya Kodam Iskandar Muda Puspen TNI Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509 Kostrad Gelar Pengobatan Massal