Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

Upaya Danramil Dongkrak Serapan Gabah dan Beras

Dibaca: 583 Oleh 16 Jun 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Daya serap gabah, khususnya di Kec. Dlanggu menjadi perhatian khusus Danramil 0815/14 Dlanggu Kapten Inf Subagiyo, guna mendongkrak pasokan beras kepada Bulog.

Hal tersebut dibuktikannya bersama PPL Sdr. Mujib dan Babinsa Randu Genengan dan Babinsa Dlanggu Serma Rusmanto, untuk berkeliling dan berkunjung ke lokasi pengeringan dan penggilingan gabah di dua tempat, yakni di Desa Randu Genengan dan di Dsn. Segaran, untuk memantau langsung serapan gabah dari petani, sampai dengan proses penggilingan dan pengepakan. Dari kunjungan tersebut, didapati tampungan gabah dengan kapasitas masih cukup untuk di proses yang selanjutnya di kirim ke Bulog, diketahui sesuai informasi bahwa saat ini di wilayah Kecamatan Dlanggu telah selesai musim panen.

Sdr. Purwo menuturkan, kalau produksi gabah dari petani saat ini sudah menipis, namun gabah yang ada dipenggilingannya tersebut didapat dari daerah lain yang masih panen atau sisa-sisa gabah petani yang tersimpan.

Danramil Dlanggu, berharap untuk dapat membeli gabah petani dalam jumlah yang sebanyak-banyaknya, kemudian diproses dan di kirim ke Bulog, apalagi sinyal bebas syarat dan ketentuan yang berbelit-belit sudah tidak berlaku lagi.

Baca juga:  Prajurit TNI Ajak Pelajar Miliki Jiwa Patriotisme

Bulog mendapat tugas untuk menampung gabah/ beras petani, guna memenuhi stok nasional dengan tujuan untuk memenuhi Swasembada Pangan Nasional di wilayah, juga nantinya akan di distribusikan kepada warga pra sejahtera berupa raskin dan sebagai stabilisator harga, saat harga beras tinggi, dengan jalan Bulog melaksanakan operasi pasar. Untuk itulah Danramil berharap kerjasama Sdr. Purwo selaku pemilik penggilingan padi untuk secara suka rela menjual padi atau gabahnya ke Bulog, demi tercapainya program Nasional Swasembada Pangan, kata Kapten Subagyo pada akhir himbauanya kepada Pemilik Padi.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel