TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Warga Negara Berhak dan Wajib Ikut Serta Dalam  Pertahanan Negara

photo_2016-06-22_09-30-39

Sejalan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, komunikasi dan informasi, acaman terhadap kedaulatan negara menjadi kompleks dan multidimensi. Untuk menghadapi ancaman yang semakin beragam, Indonesia perlu menata dan membangun kembali sumber daya nasional kekuatan pertahanannya, khususnya sumber daya manusia sebagai komponen cadangan dan pendukung, dikatakan Kasdam XII/Tanjungpura Brigjen TNI Ahmad Supriyadi saat Sosialisasi Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara di Lingkungan TNI TA. 2016  Wilayah Kodam XII/Tpr di Hotel Kartika Jl. Rahadi Usman Pontianak, Selasa (21/06/2016).

“Sistem Pertahanan Negara kita menganut Sistem Pertahanan Semesta  yang diatur dalam pasal 30 ayat 1 dan 2 UUD 1945 yang memiliki makna bahwa tiap-tiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara”, ujar Kasdam.

Berdasarkan sistem pertahanan tersebut, dalam UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, juga dijelaskan bahwa kekuatan pertahanan terdiri atas tiga komponen yaitu utama, cadangan dan pendukung. Komponen cadangan Pertahanan Negara merupakan sumber daya nasional serta sarana dan prasarana nasional yang telah disiapkan untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan TNI dalam menghadapi ancaman militer, terangnya.

Hakekat Pertahanan Negara bersifat semesta, lanjut Kasdam artinya penyelenggaraannya didasarkan pada kesadaran hak dan kewajiban warga negara serta keyakinan pada kekuatan kesatuan persatuan bangsa. Bentuk pertahanan negara bersifat semesta dengan melibatkan seluruh rakyat dan segenap sumber daya nasional (SDN), sumber daya alam (SDA), sumber daya buatan (SDB), termasuk nilai-nilai teknologi dan sarana prasarana nasional sebagai potensi nasional.

“Potensi sumber daya yang ada harus dapat dikelola dengan baik dan semaksimal mungkin untuk Pertahanan Negara, dengan melibatkan seluruh warga negara, wilayah serta dipersiapkan secara dini, terpadu, terarah dan berlanjut untuk menegakkan kedaulatan Negara”, tegasnya.

Sosialisasi Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara di Lingkungan TNI  diikuti oleh 100 Perwira dari Kodam XII/Tpr, Lantamal XII Pontianak dan Lanud Supadio yang diselenggarakan oleh Tim Kemhan dipimpin oleh Dirkomcad Brigjen TNI Iskandar Munir.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Pengumuman Dinas Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kodam XII/Tanjungpura Puspen TNI Kodam III/Siliwangi Kodam V/Brawijaya Kodam IX/Udayana
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Warga Negara Berhak dan Wajib Ikut Serta Dalam  Pertahanan Negara