TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

220 Capaja Akmil Pamitan Warga Magelang

By 16 Jul 2016 18:25Akademi Militer
16 Juli 2016 F

Akmil (16/07/16). Sebanyak 220 Taruna Akademi Militer Tingkat IV yang sudah diwisuda tanggal 29 Juni 2016 yang lalu, sebagai Calon Perwira Remaja (Capaja) melaksanakan pamitan kepada warga Magelang. Mereka berpamitan karena sudah dinyatakan lulus mengikuti pendidikan selama empat tahun di Akademi Militer Kota Magelang. Menurut rencana para Capaja akan dilantik menjadi Perwira dengan pangkat Letnan Dua oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam acara Prasetya Perwira tanggal 26 Juli 2016 yang akan datang di Akademi Militer. Setelah dilantik para Capaja akan bertugas melanjutkan pendidikan dasar kecabangan sesuai dengan korps masing-masing.

Pamitan ditandai dengan kirab menempuh jarak sekitar lima kilometer, yang dimulai dari alun-alun kota Magelang kemudian menyusuri Jalan Pemuda, Jalan Tidar dan Jalan Gatot Subroto dan berakhir di Kesatrian Akmil. Kirab baris-berbaris diiringi oleh Genderang Seruling Canka Lokananta Akademi Militer, menarik perhatian ratusan warga yang antusias ingin menyaksikan disepanjang jalan.

Para Capaja pamitan dalam bentuk Kirab sebagai wujud ikatan emosional para Capaja kepada masyarakat. Pasalnya selama pendidikan keberhasilan mereka tak lepas dari sambutan masyarakat yang selalu mendukung atas terselenggaranya pendidikan di Akademi Militer. Para Capaja pamitan karena nantinya mereka akan pergi dari Magelang untuk ditempatkan di seluruh tanah air dan nantinya akan menjadi tulang punggung, abdi negara yang selalu setia, siap membela Tanah air, bangsa dan negara Indonesia serta mengemban tugas mengawal Pancasila dan UUD 1945 demi tegaknya dan keutuhan NKRI.

Sebelum melaksanakan kirab pamitan para Capaja Akmil terlebih dahulu mengikuti upacara di lapangan alun-alun kota Magelang dengan Inspektur Upacara Walikota Magelang Bapak H. Sigit Widyonindito, MT.
Disela-sela kegiatan, Gubernur Akmil Mayjen TNI Hartomo mengatakan bahwa maksud dan tujuan kegiatan kirab keliling ini sebagai ungkapan rasa syukur Taruna Akmil Tingkat IV/ Capaja yang telah berhasil menyelesaikan studinya selama empat tahun. Sekaligus pamitan dengan warga kota Magelang dan juga memohon doa restu agar diberikan kesuksesan untuk menjalankan tugas-tugas berikutnya.

“Kita (keluarga besar Akademi Militer) mewakili Taruna akmil tingkat IV atau Capaja mengucapkan terima kasih kepada masyarakat kota Magelang yang telah menerima dengan baik selama ini dan mendukung pelaksanaan pendidikan di Akmil. Kita juga senantiasa ikut membangun untuk kemajuan kota sejuta bunga ini”, pungkas Gubernur Akmil.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kostrad Kodam XVI/Patimura Kodam I/Bukit Barisan Kodam IX/Udayana Kodam Jaya Kodam XVII/Cenderawasih Kodam V/Brawijaya Kodam II/Sriwijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

220 Capaja Akmil Pamitan Warga Magelang