TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Brigjen TNI Santos Gunawan Matondang, S.IP., MM., M. TR., (HAN) Menjabat Kasdam VI/Mulawarman

By 23 Jul 2016 19:39Kodam VI/Mulawarman
23 Juli 2016 F

Balikpapan, (23/07). Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Johny L. Tobing memimpin serah terima jabatan (sertijab) Kepala Staf Kodam VI/Mulawarman dari pejabat lama Brigjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos., kepada Brigjen TNI Santos Gunawan Matondang, S.IP., MM., M. TR., (HAN) di Aula Makodam VI/Mlw Jl. Sudirman Balikpapan, Sabtu, 23 Juli 2016.

Serah terima itu ditandai dengan penandatanganan naskah berita oleh pejabat lama dan baru yang disaksikan Pangdam VI/Mulawarman, acara dilanjutkan dengan pelepasan tanda jabatan dari pejabat lama Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos., dan penyematan tanda jabatan kepada pejabat baru Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Santos Gunawan Matondang, S.IP., MM., M. TR., (HAN) Brigjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos., selanjutnya mendapat promosi jabatan bintang dua menjadi Asops Kasad di Mabesad Jakarta, sedangkan Brigjen TNI Santos Gunawan Matondang, S.IP., MM., M. TR., (HAN) sebelumnya menjabat Wadanjen Kopassus.

Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Johny L. Tobing mengatakan, serah terima jabatan dalam suatu organisasi merupakan hal yang wajar dan biasa. Hal ini dilakukan tentunya sudah dengan mempertimbangkan dari beberapa aspek seperti sinkronisasi antara pembinaan personel dan pembinaan satuan, kebutuhan organisasi serta sebagai upaya untuk lebih meningkatkan kinerja organisasi.

Dalam konteks pembinaan satuan, serah terima jabatan diarahkan untuk meningkatkan kinerja satuan, sehingga kualitas hasil karya satuan akan terus dapat meningkat dari waktu ke waktu. Sedangkan dalam konteks pembinaan personel diprioritaskan untuk lebih memantapkan kualitas manajerial dan kepemimpinan, memperluas wawasan serta memperkaya pengalaman bagi prajurit yang menjalankannya.

Dengan memberikan pengalaman melalui penugasan yang beragam dan berjenjang diharapkan dapat meningkatkan wawasan berfikir, pengetahuan dan keterampilan yang sangat diperlukan bagi para Perwira dalam menghadapi tugas yang semakin kompleks di masa yang akan datang. Oleh karena itu, serah terima jabatan Kepala Staf Kodam VI/Mulawarman, hendaknya dipahami sebagai optimalisasi pencapaian tugas pokok Kodam VI/Mulawarman.

Kasdam adalah pembantu utama Pangdam dalam hal mengkoordinir dan membina unsur-unsur pembantu pimpinan, pelayanan dan pelaksana serta melaksanakan tugas lain yang diberikan secara khusus oleh Pangdam.

Sebagai pembantu utama Pangdam, Kasdam mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam mendinamisasikan kegiatan staf serta mewujudkan pembinaan ketertiban administrasi internal guna memacu peningkatan kinerja organisasi.

Sejalan dengan besarnya peran Kasdam dalam mengkoordinir unsur-unsur di jajaran Kodam VI/Mulawarman, maka pejabat Kasdam harus memiliki kemampuan dalam memahami dan menjabarkan esensi serta arah kebijakan pimpinan secara komprehensif dan kreatif, responsif dan proaktif sehingga mampu memberdayakan semua unsur dalam jajaran Kodam VI/Mulawarman menjadi suatu kesatuan secara sinergis.

Selain itu, diperlukan pula kearifan serta kematangan dalam pola pikir, pola sikap dan pola tindak, sehingga mampu mengambil langkah dan tindakan secara cepat dan tepat, dalam menggerakkan semua komponen organisasi untuk mencapai keberhasilan tugas Kodam VI/Mulawarman, tentunya disesuaikan dengan aturan yang berlaku serta kebijakan pimpinan.

Usai sertijab Kasdam VI/Mulawarman, dilanjutkan sertijab Wakil Ketua Persit KCK PD VI/Mlw dari Ny Sandra GE. Supit kepada Ny Eva Santos Gunawan Matondang.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IX/Udayana Kodam V/Brawijaya Kostrad Kodam IV/Diponegoro Berita Satuan
Sort by

Brigjen TNI Santos Gunawan Matondang, S.IP., MM., M. TR., (HAN) Menjabat Kasdam VI/Mulawarman