TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danjen Kopassus Sholat Ied Bersama Keluarga Besar di Lapangan Makopassus

By 06 Jul 2016 Kopassus
Khubah1

Danjen Kopassus, Mayjen TNI Muhammad Herindra beserta keluarga melaksanakan shalat Idul Fitri 1437 Hijriah bersama segenap keluarga besar Kopassus di Lapangan Makopassus Cijantung (Selasa, 6/7).  Sholat Idul Fitri yang digelar secara rutin setiap tahun ini dihadiri oleh prajurit dan PNS Kopassus yang bermarkas di wilayah Cijantung, baik personel jajaran Staf Umum, Denma Makopasssus, Grup 3 Kopassus, Sat-1 Kopassus maupun personel unsur Kabalak Kopassus.

Bertindak selaku penceramah dalam khutbah shalat Idul Fitri, DR. H. Masruhin Abdul Madjid, M.Pd.i, Sekretaris Direktur LPPPOM MUI Provinsi DKI Jakarta 2013-2018. Selain itu, beliau juga menjabat Kepala Biro Kerohanian LPT YAAI 2005-sekarang dan Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Komunikasi UPI YAI 2012-sekarang.  Di bidang sosial keagamaan DR. H. Masruhin Abdul Madjid, M.Pd.i juga menjabat sebagai Pengasuh Pesantren Yatim dan Dhu’afa AlAqsha Kelapa Gading 2006-sekarang, Wakil Ketua Lembaga Dakwah PBNU 2015 – sekarang, Pengurus MUI Provinsi DKI Jakarta 2013-sekarang dan Anggota Dewan Kode Etik DPP FKDT 2013-sekarang.

Dalam khutbahnya yang berjudul “Satukan Hati Membangun Negeri”, DR. H. Masruhin Abdul Madjid, M.Pd.i menyampaikan bahwa setelah umat Islam diberikan kekuatan oleh Allah SWT melawan hawa nafsu selama satu bulan penuh, maka kini saatnya mendapatkan kemulyaan dari Allah SWT, yaitu kemulyaan dengan membangun tiga ukhuwah. Pertama, yaitu membangun ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesame umat Islam). Ke depan mari kita kesampingkan perbedaan untuk berpikir dan bekerja demi kemajuan dan kemaslahatan umat, seperti masih adanya kemiskinan, anak-anak telantar, yatim piatu dan lain-lain. Kedua, yaitu meningkatkan ukhuwah wathaniyah (persaudaraan sebangsa setanah air). Kita tingkatkan rasa persatuan dan kesatuan kebangsaan kita, dengan sadar tulus ikhlas bahwa kita adalah bersaudara satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa.  Ketiga, yaitu meningkatkan ukhuwah Insaniyah. Beliau mencontohkan ketika rasulullah pergi haji (hanya satu kali aja seumur hidup), yaitu haji wada’ , Rasulullah mengumpulkan kaum muslimin dan berkhotbah di Padang Arafah antara lain “Wahai manusia, sesungguhnya nyawa, harta dan kehormatan kalian adalah suci seperti sucinya hari wukuf ini, bulan haji dan negeri Makkah ini.

Diakhir khutbahnya, DR. H. Masruhin, M.Pd.i juga mengingatkan kepada umat muslim nusantara mari kita bersikap sebagai muslim yang cerdas dan bijaksana. Carut marut ekonomi dan perpecahan dalam berpolitik, janganlah menyebabkan pertikaian dan perpecahan diantara kita. Mari kita jalankan ajaran Islam yang ramah, bukan Islam yang marah.  Mari kita jaga NKRI dari extrimissasi, mari kita tingkatkan silaturahim untuk kebaikan diri, keluarga, lingkungan dan bangsa kita. Mari kita bersatu dalam aqidah, berjamaah dalam ibadah dan bertoleransi dalam khilafiyah. Mudah-mudahan  Allah yang Maha Pemurah, merahmati kita, mengampuni kesalahan kita dan membebaskan kita dari api neraka. Aamiin ya Rabbal ‘Alamin.

Setelah shalat Ied, selesai, acara dilanjutkan dengan halal bi halal dengan berjabatan tangan antara pejabat Kopassus dengan seluruh warga Kopassus yang melaksanakan shalat Idul Fitri di Lapangan Makopassus sebelum meninggalkan tempat. Kemudian dilanjutkan silaturahmi dengan para sesepuh Kopassus di Gedung Flamboyan  Makopassus.

Turut hadir dalam halal bi halal dan silaturahmi, diantaranya para sesepuh  Kopassus, Jenderal TNI (Purn) Subagyo HS, mantan Kepala Staf Angkatan Darat, Letjen TNI (Purn) Lodewick F. Paulus, Mayjen TNI (Purn) Kuntara, Mayjen TNI (Purn) Soenarko masing-masing beserta Istri, Wadanjen Kopassus, Ir. Kopassus, para Pamen Ahli Kopassus, Asisten Danjen Kopassus masing-masing beserta keluarga, dan para Kabalak Kopassus. Autentikasi : Kapen Kopasssus, Letkol Inf Ir. Joko Tri Hadimantoyo, MM

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danjen Kopassus Sholat Ied Bersama Keluarga Besar di Lapangan Makopassus