TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danramil 04 Tempel Dukung Lestarikan Jemparing Mataram

By 28 Jul 2016 13:25Kodam IV/Diponegoro
28 Juli 2016 A

KODIM 0732/SLEMAN. RABU (28/7) Jemparingan adalah merupakan seni memanah tradisional khas gaya Mataram. Seni memanah ini pada beberapa tahun belakangan mulai marak di kalangan masyarakat Yogyakarta sejalan dengan kesadaran masyarakatnya untuk melestarikan budaya warisan leluhur.

Dalam kesempatan ini Muspika Kec Tempel mendapatkan kesempatan untuk mencoba berlatih panahan yang dibimbing oleh Bpk Maskur Ashari yang juga sebagai pembuat panah dari Dusun Plumbon, Mororejo Tempel.

Dalam kesempatan ini Danramil 04 Tempel Kapten Czi Wajiyana beserta anggota ikut berlatih tentang tata cara memanah yang benar. Disampaikan juga oleh Bapak Maskur Ashari bahwa seni memanah tradisional ini sangat unik karena masih mempertahankan tata cara dan budaya tradisional dalam peraturannya. Jemparingan dilakukan dalam keadaan posisi duduk dan para pemanah memakai busana adat. Sasaran juga bukanlah target lingkaran seperti umumnya olahraga panahan, tetapi sebuah bandul putih yang diikat dengan tali.

Dengan adanya giat latihan panahan / Jemparingan Mataram diwilayah Kecamatan Tempel ini yang rencana nya akan diadakan setiap Minggu sekali Kapten Czi Wajiyana selaku Danramil sangat mendukung sekali kegiatan tersebut. Dengan harapan nantinya diwilayah Kecamatan Tempel generasi muda kita mampu melestarikan Jemparingan Mataram yang merupakan tradisi dari prajurit keraton, selain itu nantinya diharapkan dapat muncul para atlit panahan dari. wilayah Kecamatan Tempel.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan KORPRI TNI AD Kodam XII/Tanjungpura Kodam II/Sriwijaya Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danramil 04 Tempel Dukung Lestarikan Jemparing Mataram