TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danramil 0814/02 Diwek Tumbuhkan Wawasan Kebangsaan Di SMK Sultan Agung

By 20 Jul 2016 06:35Kodam V/Brawijaya
19 Juli 2016 V

Jombang- Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kesatuan atau integrasi nasional bersifat kultural dan tidak hanya bernuansa struktural mengandung satu kesatuan ideologi, kesatuan sosial budaya, kesatuan ekonomi, dan kesatuan pertahanan dan keamanan. Untuk meningkatkan wawasan kebangsaan Danramil 0814/02 Diwek memberikan pembekalan informasi tentang wawasan kebangsaan bagi para siswa baru di SMK Sultan Agung 1 yang berada di Dusun Tebu Ireng Desa Cukir, Kec Diwek Kab.Jombang, Senin 18 Juli 2106.

Dalam pemberian pembekalan wawasan kebangsaan terhadap murid, Danramil Diwek Kapten Inf Nasrulloh, menjelaskan arti secara umum pemahaman tentang wawasan kebangsaan. Ia berharap para murid akan mengerti dan tumbuh jiwa nasionalisme. “ Pemberian materi pembahasan tentang wawasan kebangsaan ini kita lakukan ke para murid yang baru masuk sekolah atau murid baru.,” ujarnya. Menurutnya, pembekalan mental siswa diperlukan dalam menghadapi era globalisasi sekarang ini serta untuk menjadikan putra dan putri bangsa turut ikut membangun pembangunan bangsa.

“ Sejak dini wawasan kebangsaan dapat diberikan terhadap murid-murid disekolah. Pembekalan yang didapatkan berupa materi tentang sejarah, karakter, dan serta membantu dalam proses belajar mengajar para siswa,” ungkap Danramil menambahkan. Selain itu, diharapkan pelajar dapat meningkatkan motivasi dalam belajar serta pengetahuan tentang sejarah. Di antara pengetahuan sejarah bagaimana cara hidup sesuai berbhineka tunggal ika dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Siswono M.si selaku Kepala sekolah SMK Sultan Agung 1 mengatakan, “ Dengan di berikan Wawasan kebangsaan dapat memberi peran bagi anak-anak untuk proaktif mengantisipasi perkembangan lingkungan stratejik dengan memberi contoh bagi anak lainnya dalam membina identitas diri, kemandirian dan menghadapi tantangan dari luar tanpa konfrontasi dengan meyakinkan anak-anak bahwa eksistensi bangsa merupakan aset yang diperlukan dalam mengembangkan nilai kemanusiaan yang beradab ”. (Penrem 082/CPYJ)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danramil 0814/02 Diwek Tumbuhkan Wawasan Kebangsaan Di SMK Sultan Agung