TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Jelang Pilkada Kabupaten Brebes Kodim 0713 Brebes Latihan Penanggulangan Huru Hara

By 22 Jul 2016 09:10Kodam IV/Diponegoro
22 Juli 2016 A

Menjelang pemilihhan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Brebes, Kodim 0713/Brebes menyiapkan personilnya untuk melaksanakan pengamanan pesta demokrasi tersebut. Hal ini dilaksanakan sebagai upaya pengamanan dalam menngantisipasi huru-hara selama pelaksanaan pilkada 2017 mendatang. Jum’at (22/7).

Menurut Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Efdal Nazra, salah satu persiapan yang dilakukan adalah mempersiapkan sebanyak 275 personil untuk ikut pelatihan Penanggulangan Huru Hara (PHH). Dimana, PHH dilaksanakan mulai 18-22 Juli mendatang di Stadion Karangbirahi, Brebes.

“Persertanya diambil dari perwakilan TNI AD setiap koramil yang ada di Brebes dan Kodim 0713,” ungkapnya.

Dia menambahkan, PHH merupakan rangkaian kegiatan, proses atau cara dalam mengantisipasi atau menghadapi terjadinya kerusuhan selama berlangsungnnya pesta demokrasi tersebut. Latihan tersebut juga sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dan mengantisipasi segala kemungkinan gangguan yang ada.

“Intinya kegiatan ini diharapkan bisa mengamankan pilkada di Brebes, dengan haraapan bisa berjalan tertib dan tidak ada kegaduhan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, kegiatan latihan tersebut meliputi tiga sesi materi yakni latihan formasi, latihan penindakan massa dan latihan penyelamatan korban. Dimana dengan harapan prajurit TNI AD bisa mengamankan seluruh rangkaian pilkada mendatang.

Lebih lanjut, anggota TNI diminta dapat menciptakan sinergitas yang baik dalam menangani setiap potensi konflik yang dimungkinkan terjadi sebagai imbas dari proses pelaksanaan Pilkada. “Makanya diharapkan dengan mengikuti PHH seluruh anggota dapat memaksimalkan tugas sebagaimana mestinya,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, selain melatih anggotanya, mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di Pilkada Brebes mendatang, pihaknya mempersiapkan satu unit mobil pemadam kebakaran. Dimana, mobil tersebut dipersiapkan jika ada masyarakat yang anarkis. Dia mencontohkan jika massa yang tidak puas dengan hasil yang ada terus membakar ban di jalan damker tersebut bisa digunakan.

“Insyaallah dengan kesiapan ini seluruh anggota bisa mengawal jalaannya pilkada dengan sebaik mungkin,” harapnya. (Kodim 0713/Brebes).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Puspen TNI Kodam IV/Diponegoro Berita Satuan Kodam V/Brawijaya Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam XVII/Cenderawasih
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Jelang Pilkada Kabupaten Brebes Kodim 0713 Brebes Latihan Penanggulangan Huru Hara