TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kegiatan MOS Ditanamkan Bela Negara

By 21 Jul 2016 17:04Kodam IV/Diponegoro
21 Juli 2016 O

Setiap ajaran baru disekolah selalu diadakan kegiatan MOS (Masa Orientasi Sekolah) yang bertujuan untuk mengenalkan kepada anak didik yang baru agar mengetahui kondisi lingkungan disekolahnya. Dalam kegiatan MOS tersebut banyak kegiatan yang dilakukan salah satunya adalah melatih anak untuk berprilaku disiplin, mempunyai jiwa bela Negara yang kuat serta tata tertib yang ada disekolah tersebut. Pada kesempatan tersebut Kodim Wonosobo diikut sertakan untuk mengisi materi seperti yang terjadi di SMP N 1 Wonosobo (20/7).Kapten Inf Punidi menyampaikan akan tentang pentingnya prilaku disiplin bagi anak-anak. Karena ketika masih anak – anak ini masih mudah untuk dibentuk dan diarahkan menjadi yang baik.

Disiplin merupakan suatu kegiatan yang dilakukan agar tidak melanggar peraturan yang berlaku demi terciptanya suatu tujuan. Disiplin tidak hanya dilakukan di rumah tapi disiplin juga bisa dilakukan di sekolah. Dengan adanya disiplin di sekolah murid-murid akan melakukan segala sesuatu dengan tertib dan teratur sehingga tercapainya impian dan tujuan dalam hidup.

Kegiatan sekolah merupakan salah satu bentuk dari disiplin seperti guru maupun murid berperilaku sopan santun, bahasa yang baik dan benar. Dan murid menerima teguran atau hukuman yang adil. Serta guru dan murid bekerjasama dalam membangun, memelihara dan memperbaiki aturan-aturan dan norma-norma.

Disiplin dan tata tertib sekolah dibuat untuk menciptakan suasana sekolah yang aman dan tertib sehingga akan terhindar dari kejadian-kejadian yang bersifat negatif. Terkadang tak semua siswa melakukan disiplin di sekolah misalnya, sering terlambat sekolah, lupa mengerjakan PR sekolah, dll. Akibatnya murid tersebut diberikan hukuman. Hukuman yang diberikan ternyata tak ampuh untuk menangkal beberapa bentuk pelanggaran, malahan akan bertambah keruh permasalahan.

Disamping materi disiplin juga diisi tentang bela Negara. Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan Syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang. Kesadaran bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. Spektrum bela negara itu sangat luas, dari yang paling halus, hingga yang paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata. Tercakup di dalamnya adalah bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Unsur Dasar Bela Negara : Cinta Tanah Air, Kesadaran Berbangsa & bernegara, Yakin akan Pancasila sebagai ideologi Negara; Rela berkorban untuk bangsa & Negara ; Memiliki kemampuan awal bela negara. Contoh-Contoh Bela Negara : Melestarikan budaya; Belajar dengan rajin bagi para pelajar ; Taat akan hukum dan aturan-aturan Negara; Mencintai produk-produk dalam negeri.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam XVI/Patimura Kodam II/Sriwijaya Kodam Jaya Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam XVII/Cenderawasih
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kegiatan MOS Ditanamkan Bela Negara