TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kiprah Kodim 1307/Poso Dalam Membantu Operasi Tinombala

By 15 Jul 2016 13:52Kodam XIV Hassanudin
kodam 7 wirabuana

Semenjak munculnya kasus kerusuhan Poso puluhan tahun yang lalu hingga berlansungnya operasi Tinombala saat ini dapat dikatakan Kodim 1307/Poso Korem 132/Tadulako menjadi saksi sejarah dan satuan territorial yang banyak dihadapkan pada tantangan dan pekerjaan rumah bagaimana menyelesaikan persoalan Poso kembali kepada kehidupan yang aman dan damai.

Terkait dengan Operasi Tinombala yang saat ini masih terus berlansung, Kodim 1307/Poso memiliki peran penting dalam membantu keberhasilan dan kesuksesan operasi. Kegiatan teritorial yang dilakukan personel jajaran Kodim 1307/Poso dalam rangka memperkuat operasi Tinombala, semenjak awal Juni dan direncanakan sampai pertengahan Agustus 2016 sedang tergelar kegiatan Operasi Teritorial (Opster) Sintuwu Maroso yang tujuannya untuk percepatan pembangunan dalam memperbaiki kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Poso.

Opster Sintuwu Maroso dibawah kendali Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf M Shaleh Mustafa, bekerja sama dengan lintas instansi Pemda, Kementrian Pertanian dan dukungan masyarakat lansung melakukan aksi nyata dengan melakukan sejumlah perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH), pembangunan jalan, renovasi rumah ibadah, cetak sawah baru, pembuatan irigasi dan beberapa kegiatan fisik dan nonfisik lain.
Para Babinsa yang tersebar di wilayah Kodim 1307/Poso sesuai dengan fungsi dan tanggung jawabnya, diharapkan mampu memberikan pemahaman tentang pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara serta menjaga kerukunan antar warga. Dalam konteks ini para Babinsa juga harus dapat mengambil hati rakyat agar dapat membantu aparat TNI Polri dalam rangka pemulihan keamanan di Poso.

Kodim 1307/Poso juga memberikan bantuan yang sangat berarti dalam pelaksanaan operasi Tinombala dalam penyediaan lokasi Markas Kolakops TNI Tinombala 2016 dengan memakai Mess Kodim dan Lapangan Futsal Indoor untuk menampung personel Makolakops dalam melakukan aktifitasnya selama operasi berlansung.

Kodim yang terletak ditengah kota Poso di jalan Urip Sumoharjo, saat ini dijabat oleh Letkol Inf Ryan Hanandi dibantu oleh Mayor Inf Hendra Sukmajibrata. Dari penuturan salah satu personel Kodim 1307/Poso, semenjak kerusuhan Poso sampai sekarang, hari-hari selama kedinasan mereka selalu memakai pakaian dinas lapangan (PDL) loreng boleh dikatakan sangat jarang mereka memakai pakaian dinas harian (PDH), karena kondisinya memang mereka harus siaga setiap saat, semoga persolan Poso cepat selesai dan menemukan damainya yang telah lama hilang.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kostrad Kodam Iskandar Muda Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Dinas Penerangan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kiprah Kodim 1307/Poso Dalam Membantu Operasi Tinombala