Skip to main content
Kodam I/Bukit Barisan

Kodam I/BB Sosialisasikan Taman Agro Inovasi

Dibaca: 122 Oleh 20 Jul 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung di wakili Kasdam l/BB Brigjen TNI Widagdo Hendro Sukoco Pimpin acara sosialisasi Taman Agro Inovasi Kodam I/BB kepada Instansi terkait dan para pimpinan perguruan tinggi serta Kepala Sekolah SMA sewilayah Kota Medan di Taman Agro Inovasi Kompleks Kompi Pengawal Kodam l/BB Jalan Gatot Subroto Km. 7,5 Medan, Rabu(20/7).

Dalam sambutannya Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung yang di bacakan Kasdam l/BB Brigjen TNI Widagdo Hendro Sukoco mengatakan, Taman Agro Inovasi adalah sebuah areal atau lahan yang berada di Kompi Pengawal Kodam l/BB yang dimanfaatkan untuk setiap space (ruang) dibuat model budidaya pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan serta permainan. Penataannya dibuat secara terencana sebagai sesuatu yang tertata dengan mempertimbangkan aspek keindahan, sehingga dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi atau wisata. Taman agro inovasi merupakan sebuah model atau solusi pemanfaatan lahan kosong guna meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan lingkungan.

Taman Agro Inovasi Kodam l/BB mempunnyai bak pengolahan sampah yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk kompos, pengolahan pakan ternak, kolam pancing, ternak sapi, kambing, rusa dan ternak ayam percontohan. Disamping itu juga terdapat kandang burung dan lahan percontohan budi daya tanaman padi, jagung, terong, cabai, tomat, bawang merah dan sarana permainan anak-anak.

Baca juga:  Dampak TMMD ke-97, Banyak Anak–Anak Bercita-cita Jadi Tentara

Lebih lanjut Pangdam I/BB mengatakan Taman Agro Inovasi dapat berfungsi sebagai : pertama ; sebagai fungsi ekonomis, karena mempunnyai berbagai macam tanaman dan peternakan yang sudah produktif bisa dikomersilkan. Kedua ; sebagai fungsi wisata edukatif, karena lahan yang ada didesain sedemikian rupa dengan mengutamakan aspek keindahan sehingga dapat dijadikan sebagai tempat wisata sekaligus sebagai sarana untuk belajar dan penelitian.

Sementara itu Kasdam l/BB menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya sosialisasi Taman Agro Inovasi Kodam l/BB kepada Instansi terkait dan para pimpinan perguruan tinggi serta Kepala Sekolah SMA sewilayah Kota Medan antara lain diharapkan pemerintah daerah, pimpinan perguruan tinggi dan para Kepala Sekolah SMA dapat memanfaatkan lahan kosong/lahan tidur yang ada di sekitar perkantoran masing-masing atau juga dapat dikembangkan lebih luas lagi di Kelurahan/Desa dan Kecamatan. Kasdam l/BB juga mempersilahkan kepada para pimpinan perguruan tinggi dan para Kepala Sekolah SMA sewilayah Medan untuk menjadikan Taman Agro Inovasi Kodam I/BB sebagai sarana edukasi bagi Mahasiswa dan Pelajar.

Baca juga:  Wujudkan Generasi Muda Yang Mandiri Dan Berkepribadian Indonesia Melalui Saka Wira Kartika

Hadir dalam kegiatan tersebut Para Staf Ahli, Para Kabalakdam I/BB , Dandim 0201/BS , para Dandim jajaran Korem 022/PT, Kadis Kelautan Dan Perikanan Prov Sumut , Kadis Pertanian Prov Sumut, Kadis Peternakan Dan Kesehatan Hewan Prov Sumut, Kepala BPTP Prov Sumut, Kadis Pendidikan Kota Medan, Para Pimpinan Perguruan Tinggi Negri/Swasta dan Para Kepala Sekolah SMA sewilayah Kota Medan.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel