TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 1203/Ktp Gelar Penanggulangan Bencana Banjir

By 11 Jul 2016 14:49Kodam XII/Tanjungpura
11 Juli 2016 B

Ketapang – Sesuai Undang Undang Republik Indonesia Nomor 34 tentang TNI menyatakan bahwa tugas pokok TNI adalah melaksanakan OMP dan OMSP dimana salah satu tugas TNI AD diantaranya melaksanakan tugas TNI matra darat di bidang pertahanan, melaksanakan tugas TNI dalam menjaga keamanan wilayah perbatasan darat dengan negara lain, melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra darat serta melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang dilaksanakan untuk menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh serta memantapkan kemanunggalan TNI Rakyat, dikatakan Kasi Ops Korem 121/Abw Kolonel Inf Tojo. H. Simanjuntak selaku Danlat Gladi Posko Kodim 1203/Ketapang, beberapa waktu lalu.

Kodim 1203/Ktp menggelar Latihan Geladi Posko Penanggulangan Bencana Alam dalam rangka operasi bantuan kepada Pemerintah daerah selain perang (OMSP/operasi militer selain perang) dengan mengangkat tema “Kodim 1203/Ketapang melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Di wilayah Kabupaten Ketapang Dalam Rangka Penanggulangan Bencana Alam Banjir” bertempat di Aula Makodim 1203/Ktp.

Latihan Posko untuk meningkatkan kemampuan para komandan dan staf dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup hal-hal keterpaduan, kerjasama dan koordinasi dalam pengambilan keputusan, taktik, olah yuda, pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki, prosedur dan tata cara kerja yang berlaku dalam suatu posko serta kodal operasi, terang Kolonel Tojo Simanjuntak.

“Geladi ini dapat meningkatkan kemampuan para peserta, terutama dalam melaksanakan Komando pengendalian operasional sesuai dengan prosedur hubungan komando dan staf dalam Operasi bantuan kepada Pemda dalam rangka Operasi Militer Selain Perang”, tuturnya.

Kolonel Inf Tojo. H. Simanjuntak mengharapkan segala kekurangan yang dijumpai dalam latihan ini agar segera diperbaiki dan disempurnakan sehingga jika terjadi bencana akan bisa ditangani secara cepat, tepat dan maksimal.

Selain melibatkan personel Kodim 1203/Ktp, kegiatan ini juga melibatkan unsur terkait meliputi, Dinas BPBD Ketapang, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas BMKG, Ormas dan masyarakat.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam IX/Udayana Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 1203/Ktp Gelar Penanggulangan Bencana Banjir