TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam V/Brw : Kalau Ada Prajurit Teritorial Yang Tidak Mau Mendukung Bakti Sosial Seperti Ini Mereka Tidak Pantas Menjadi Prajurit Teritorial

By 23 Jul 2016 19:38Kodam V/Brawijaya
23 Juli 2016 E

Jember. Acara Pembukaan Sinergi Aksi Kemanusiaan Operasi Gratis Bagi Duafa yang digelar di Rumah Sakit Bina Sehat Pada Jum’at 22/07/2016 Pukul 08.00 Wib, diawali dengan sambutan Bupati Jember dr Hj Faida MMR yang menyampaikan bahwa Bakti Sosial ini kental sekali dengan keterlibatan TNI.

Dalam sambutannya dr Faida pun menegaskan bahwa bakti sosial ini akan dilakukan sepanjang jaman, bahkan siapapun Direkturnya Bina Sehat dan siapun Bupati di Kabupaten Jember.

Awalnya operasi gratis ini kita lakukan untuk 50 pasien kemudian 100 pasien hingga suatu ketika saya dipertemukan dengan Pangdam V/Brw kala itu Mayjen TNI Ediwan Prabowo yang memotivasi saya agar menjadikan angka 1000, sayapun menjawab kalau untuk urusan dalam rumah sakit kami sanggup membantu dan kalau urusan rumah sakit TNI mau bantu hal tersebut dapat kita lakukan, dan pak Ediwan menyanggupi dengan melibatkan Babinsa di jajarannya.

Kami sangat terbantu dengan sinergitas dengan Pemerintah Daerah, sangat terbantu dengan sinergitas dengan TNI karena sejatinya pasien-pasien duafa ini meskipun operasinya gratis tidak akan sampai dirumah sakit tanpa ada yang memotivasi dan mengawal mereka, karena mereka juga miskin informasi dan miskin transportasi

Penegasan Pangdam V/Brw Mayor Jenderal TNI I Made Sukadana, S.I.P dalam sambutannya saat membuka Bakti Sosial yang diberi nama “Sinergi Aksi Kemanusiaan Operasi Gratis Bagi Duafa” di Rumah Sakit Bina Sehat Jember, demikian halnya saat diwawancarai awak media.

Bahwa pelayanan medis yang memadai masih menjadi permasalahan tersendiri bagi masyarakat di pelosok-pelosok pedesaan, Bakti Sosial adalah salah satu bentuk kegiatan bakti TNI yang merupakan salah satu metode pembinaan territorial (Binter) yang mempercepat dan memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat.

Kepada warga masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan hendaknya memanfaatkan bakti sosial ini dengan sebaik-baiknya.

Kemudian kepada pihak-pihak yang akan melakukan bakti sosial seperti ini hendaknya mendekat kepada komando teritorial dalam hal ini Kodim dan apabila ada hambatan oleh prajurit territorial maka prajurit tersebut tidak pantas berada di komando teritorial. “Tegas : I Made Sukadana.

Sinergi Aksi Kemanusiaan Operasi Gratis Bagi Duafa kali ini diperuntukkan 5000 orang kaum duafa namun yang daftar 11.000 orang lebih untuk 9 kasus kesehatan diantaranya : katarak, sumbing bibir, hernia, hipospadia, polidaktili, hidrochepalus, meningokel dan enchepalokel.

Usai membuka Bakti Sosial tersebut dengan pemukulan gong Pangdam V/Brw didampingi Bupati Jember, Dandim 0824, Ketua DPRD Jember dan tamu undangan lainnya mengunjungi pasien yang sedang dioperasi maupun yang telah dioperasi.

Selanjutnya meninggalkan Rumah Sakit Bina Sehat dan menuju ke Rumah Sakit Tk III Baladhika Husada (DKT) Jember untuk mengunjungi pasien bakti sisial yang dilaksanakan operasi disana dan teleconference dengan Direktur Kesehatan Angkatan Darat. (sis24)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kodam XVII/Cenderawasih Kodam VI/Mulawarman Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam V/Brw : Kalau Ada Prajurit Teritorial Yang Tidak Mau Mendukung Bakti Sosial Seperti Ini Mereka Tidak Pantas Menjadi Prajurit Teritorial