TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam Pimpin Sertijab 6 Pejabat Kodam II/Swj

By 19 Jul 2016 07:34Kodam II/Sriwijaya
18 Juli 2016 AQ

Palembang – Untuk kali pertama, sejak resmi dilantik menjabat sebagai Pangdam II/Swj, pada Selasa, 12 Juli 2016 lalu, Panglima Kodam II/Swj Mayor Jenderal TNI Sudirman, S.H., M.H., memimpin langsung Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) 6 Pejabat Kodam II/Swj, Senin (18/7/2016) yang digelar di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Jln. Jenderal Sudirman Km. 2,5 Palembang.

Keenam Jabatan yang diserah terimakan tersebut antara lain ; Jabatan Danrem 042/Gapu dari Brigjen TNI Makmur Umar, S.AP., M.M. kepada Kolonel Inf Refrizal, Danrem 043/Gatam dari Kolonel Inf Joko Purwo Putranto kepada Kolonel Kav Supriyatna S.I.P., M.M., Perwira Ahli Pangdam Bidang Hukum dan Humaniter dari Kolonel Inf Norman Saito kepada Kolonel Inf Gustia Wardana, Kainfolahtadam dari Kolonel Inf Gustia Wardana kepada Letnan Kolonel Inf Eddy Basuki, dan selanjutnya penyerahan jabatan Dandenmadam dari Letnan Kolonel Inf Rachmad dan Kasetumdam dari Letnan Kolonel Inf Martua Sihotang, S.I.P., kepada Pangdam II/Swj.

Pangdam II/Swj dalam amanatnya menekankan, agar seluruh Perwira yang melaksanakan Sertijab dapat melaksanakan bidang tugasnya masing-masing dengan baik, penuh totalitas dan rasa tanggung jawab yang tinggi, sehingga mampu mendukung tugas pokok Kodam II/Swj secara optimal.

Dijelaskan Pangdam bahwa sebagai Pimpinan atau Komandan satuan, peran Perwira sangat menentukan bagi keberhasilan tugas satuan yang dipimpinnya. Pemimpin adalah motivator dan inspirator bagi seluruh anggota yang dipimpinnya dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

“Oleh sebab itu, sambung Pangdam bahwa, sebagai pimpinan satuan, para Perwira harus kreatif dan inovatif, berpikir diluar kelaziman untuk menciptakan perubahan dan perbaikan menuju kearah yang semakin baik bagi satuan yang dipimpinnya.

Pangdam juga menegaskan bahwa, sebagai pemimpin, para Perwira harus berani dan bertanggung jawab, terhadap apa yang dilakukan atau tidak dilakukan. “Pemimpin jangan takut atau ragu bertindak, harus berjiwa ksatria, memiliki keberanian, rela berkorban, pantang menyerah, penuh percaya diri dan berani bertanggung jawab terhadap setiap resiko dari keputusan yang diambilnya,” tandas Mayjen Sudirman.

Pada Akhir amanatnya, Pangdam menekankan untuk meningkatkan Pembinaan Satuan (Binsat) dengan mengedepankan komunikasi dua arah, sehingga segala permasalahan anggota dapat cepat diidentifikasi dan segera dapat dicari solusinya.

“Terapkan reward and punishment secara konsekuen dengan memberikan sanksi kepada mereka yang melanggar dan memberikan penghargaan kepada prajurit berprestasi, sehingga prajurit memiliki kepercayaan dan harapan untuk berbuat yang terbaik dalam bertugas,” ujar orang nomor satu di Kodam II/Swj ini.

Hadir dalam acara tersebut, Kasdam II/Swj Mayjen TNI Marga Taufiq, S.H., M.H., Irdam II/Swj, Para Danrem jajaran Kodam II/Swj, Para Perwira Staf Ahli Pangdam II/Swj, Para Asisten dan Dan/Ka Balakdam II/Swj, Perwira LO AL dan LO AU Kodam II/Swj, Ketua dan Wakil Ketua beserta para Pengurus Persit KCK PD II/Swj.

Dalam rangkaian acara Sertijab tersebut, dilakukan acara tradisi penerimaan prajurit yang baru masuk dan tradisi pelepasan prajurit yang akan meninggalkan Kodam II/Swj. (Pendam II/Swj).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam Pimpin Sertijab 6 Pejabat Kodam II/Swj