TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pasukan Kostrad Terlibat Dalam Rangka Pengamanan VVIP KTT-WlEF ke 12

By 28 Jul 2016 13:46Kostrad
28 Juli 2016 H

(Penkostrad. Kamis, 28 Juli 2016). TNI mengerahkan 10.150 personel untuk mengamankan jalannya pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi “World Islamic Economic Forum” (KTT-WlEF) Ke-12 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta mulai 2-4 Agustus 2016.

“Kami kerahkan sekitar 10.150 personel dalam pengamanan KTT WIEF. Belum lagi personel dari Polri,” kata Pangdam Jaya Mayjen TN Teddy Lhaksmana selaku Pangkoopspam KTT WIEF Ke-12 usai Apel Gelar Pasukan Komando Operasi Pengamanan VVIP KTT WIEF, di Silang Monas, Jakarta, Kamis.

Sebanyak 10.150 personel TNI, terdiri dari Koopspam 300 orang, Kostrad 1.200 orang, Kosatgaspam TM 500 orang, Kohanudnas 700 orang, Kodam Jaya 2.200 orang, Koarmabar 1.000 orang, Koopsau I 650 orang, Kopassus 550 orang, Korps Marinir 1.200 orang, Korpaskhas 2.700 orang, Lanud Halim PK 350 orang, Kodam Sriwijaya 200 orang, dan Kodam III/Siliwangi 600 orang.

Pangdam menjelaskan bahwa sasaran pengamanan adalah mengatasi kemungklnan terjadinya kecelakaan lalu lintas, unjuk rasa anarkhis, kerusuhan, pembakaran, aksi terorisme atau menyalahgunakan seniata api, bom dan bahan peledak, sabotase, pemblokiran, penghadangan, penyanderaan, penculikan dan penyekapan, kejahatan konvensional serta kejahatan transnasional lainnya.

“Pengamanan akan dilakukan secara tertutup dan terbuka, yang melibatkan TNI dan Polri. Pengamanan dilakukan melekat kepada tamu VVIP,” ujar Mayjen TNI Teddy Lhaksmana.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dalam amanatnya yang dibacakan oleh Pangdam Jaya mengatakan apel kesiapan Koopspam ini digelar dalam rangka memberikan keyakinan kepada pimpinan bahwa setiap individu, satuan tugas dan komando operasi telah bersinergi dan membentuk kerja sama tim secara profesional sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk pengamanan KTT WIFE ke-12, sehingga kegiatan tersebut dijamin dapat dilaksanakan dengan tertib, aman, lancar dan berhasil.

“Untuk kedua kalinya, negara kita ditunjuk menjadi tuan rumah World Islamic Economic Forum (WIEF) ke-12, menyusul keberhasilan WIEF di berbagai belahan dunia, termasuk Kuala Lumpur, Islamabad, Kuwait, dan lainnya. Tahun ini, forum tersebut digelar di JCC, yang dihadiri oleh delapan negara yaitu, Tazikistan, Malaysia, Nigeria, Jordania, Guinea, Algeria, Srilanka dan Uni Emirat Arab,” kata Panglima TNI.

Tema dari KTT WIEF ke-12 ini adalah “Desentralisasi Pertumbuhan, Memberdayakan Bisnis Masa Depan”, dengan visi untuk lebih mengeksplorasi dan mengembangkan peran penting dari kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di negara-negara di seluruh dunia.

Alutsista yang dikerahkan dalam Koopspam KTT WIEF Ke-12, dari TNI AD sebanyak dua unit Heli Bell-412, enam unit tank Anoa, dua unit Ransus Jihandak dan tiga unit Detector/Radiasi.

TNI AL terdiri dari tiga unit KRI (1 LPD dan 2 PKR) dan dua unit Heli Bell on Board. TNI AU terdiri dari satu Flight SU 27/30, satu Flight F-16, dua unit Heli NAS-332 Super Puma dan dua Rai QW-3.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pasukan Kostrad Terlibat Dalam Rangka Pengamanan VVIP KTT-WlEF ke 12