TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Perang Suku di Pedalaman Asmat Berhasil Diredam oleh Anggota TNI

By 24 Jul 2016 19:12Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2016-07-24_09-22-45

Asmat (23/07) – Di Pedalaman Asmat, Distrik Sawaerma telah terjadi perang suku antara masyarakat Kampung Bugani dan masyarakat Kampung Erman yang menyebabkab 1 rumah rusak berat dan 5 orang luka parah.

Perang antar kampung ini terjadi disebkan karena bermuda dari Kepala Kampung Bugani yang sedang menginap di kediaman Bapak Sangkala Kampung Sauti Distrik Sawaerma tertembak senapan angin oleh OTK tanpa diketahui duduk permasalahnya, pada (20/07) pukul 03.00 WIT. Dari kejadian tersebut kemudian masyarakat Kampung Bugani dan Kampung Again melakukan penyerangan ke Kampung Erman yang berada di Distrik Sawaerma.

Mendengar adanya kejadian tersebut, Komandan Rayon Militer 1707-12/Sawaerma Kapten Inf Rajab mengambil langkah cepat menghentikan pertikaian antar Kampung dengan mengumpulkan para ketua dusun untuk segera mengadakan perundingan untuk meneyelesaikan permasalahan penyerangan ini.

“Saya bersama para kepala dusun telah melakukan perundingan dan mencari jalan keluar untuk mengatasi kesalahpahamanan yang terjadi yang mengakibatkan perang antar suku. Kami juga sudah berhasil menghentikan perang tersebut dan kini kondisi kampung sudah kembali kondusif “. Ujar Danramil.

Dari perundingan yang di dampingi Danramil Rajab dan personil Polsek Sawaerama, masyarakat yang terlibat pertikain berhasil ditenangkan dan untuk penembakan oleh OTK masih dalam proses pencarian. Para kepala dusun menyetujui dengan adanya kesepakatan bersama tersebut sehingga perang antar suku tidak terulang kembali serta tidak ada lagi jatuh korban.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kostrad Kodam IV/Diponegoro Tips Kesehatan Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Perang Suku di Pedalaman Asmat Berhasil Diredam oleh Anggota TNI