TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit Kodam II/Swj Latih Ketahanan, Kekuatan Dan Kecepatan

By 29 Jul 2016 15:39Kodam II/Sriwijaya
Picture29
Mengisi program Minggu Militer, yang dilaksanakan setiap bulan minggu keempat, Jum’at (29/7/2016) segenap prajurit Kodam II/Swj melaksanakan latihan ketahanan, kekuatan dan kecepatan. Latihan Minggu Militer yang dipimpin langsung oleh Asisten Operasi Kasdam II/Swj Kolonel Inf Irnando Arnold B. Sinaga, dengan pelatih Perwira dari Jasdam II/Swj, diikuti oleh segenap personel militer baik Perwira, Bintara maupun Tamtama Kodam II/Swj, bertempat di lapangan Makodam II/Swj dan kompleks di lingkungan Kodam II/Swj, Palembang.

Sebelum melaksanakan latihan minggu militer, diawali dengan apel pagi dan senam pemanasan. Latihan ketahanan dilaksanakan dengan lari jalanan sejauh 3,2 km, di sekitar lingkungan Makodam II/Swj dengan menggunakan seragam PDL loreng. Lari ketahanan secara terpimpin ini dimaksudkan agar prajurit senantiasa memiliki kebugaran tubuh dan ketahanan fisik yang prima.
Selesai lari ketahanan dilanjutkan dengan latihan kekuatan berupa pull up di tiang pull up yang ada di halaman Makodam II/Swj. Setiap prajurit secara berkelompok dan bergilir melakukan Pull Up yang diawasi langsung oleh Waas Ops Kasdam II/Swj Letkol Inf M. Arif Suryandaru. Latihan Pull Up ini harus dilakukan secara benar dan sesuai ketentuan, agar bermanfaat dan tidak menimbulkan cidera. Pull Up ini untuk melatih kekuatan otot bagian atas seperti lengan, bahu, dada, punggung dan tangan. Dengan melakukan latihan Pull Up diharapkan prajurit memiliki fisik yang kuat, dan sekaligus membentuk otot bagian atas agar bagus dan proporsional.
Selesai latihan kekuatan/penguatan, dilanjutkan dengan latihan kecepatan berupa lari sprin dengan jarak sekitar 100 meter. Prajurit secara berkelompok melaksanakan lari dengan kecepatan penuh, lari secepat-cepatnya. Latihan lari kecepatan ini, selain untuk membakar lemak dalam tubuh juga untuk membentuk otot dan meningkatkan kecepatan gerak dan bertindak.
Pada kesempatan tersebut, Kapendam II/Swj Kolonel Arh Syaepul Mukti Ginanjar, S.I.P., yang juga ikut bersama melaksanakan kegiatan Minggu Militer menjelaskan bahwa, sebagai bhayangkari Negara, yang memiliki tugas menjaga kedaulatan Negara, keutuhan wilayah dan melindungi rakyat, serta menghadapi tugas yang tidak ringan dengan mobilitas dan intensitas yang tinggi, maka prajurit harus memiliki fisik yang kuat dan sehat, harus memiliki fisik samapta yang prima.
“Hal ini sejalan sasaran pembinaan satuan yang diprogramkan oleh Pimpinan TNI AD, bahwa prajurit harus berdisiplin, jago perang, jago tembak, jago beladiri dan memiliki fisik prima,” pungkasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit Kodam II/Swj Latih Ketahanan, Kekuatan Dan Kecepatan