TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Presiden RI Lantik 720 Perwira Remaja TNI – Polri

By 26 Jul 2016 17:40SIARAN PERS, Dinas Penerangan
26 Juli 2016 F1

Presiden RI Joko Widodo hari ini melantik 720 orang Perwira Remaja lulusan Akademi TNI dan Akpol pada Upacara Prasetya Perwira di Lapangan Sapta Marga, kompleks Akademi Militer, Magelang. Selasa (26/7/2016)

Upacara tersebut dimulai pada pukul 08.30 WIB, bertindak sebagai Komandan Upacara Kolonel Inf Djoko Andoko yang sehari-harinya menjabat sebagai Komandan Resimen Chandradimuka Akademi TNI. Upacara dihadiri oleh ribuan orang tua dan sanak keluarga para Perwira Remaja. Para Perwira Remaja ini sebelumnya telah dinyatakan lulus dalam menempuh pendidikan selama empat tahun di Akademi angkatan ( Akmil, AAL, AAU ) dan Akpol.

26 Juli 2016 F

Rangkaian upacara dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Presiden RI tentang pengangkatan 720 mantan Taruna tersebut menjadi Perwira TNI – Polri berpangkat Letnan Dua. Presiden RI menyematkan tanda pangkat Letnan Dua secara simbolis kepada 4 orang Perwira lulusan terbaik dari masing-masing akademi yang meraih anugerah Adhi Makayasa. Peraih anugerah Adhi Makayasa : Letda Inf Tri Ageng Widhi Nugroho, S.T. Han (Akmil) , Letda Laut (P) Anka Samudera, S.T.Han (AAL), Letda Tek Juliar Dwidya Firmansyah, S.T. Han (AAU) dan Ipda Nahal Rizaq, S.Tr. K (Akpol). Selanjutnya ratusan Perwira Remaja mengucapkan Sumpah setia Prajurit TNI – Polri kepada NKRI dengan didampingi oleh rohaniawan Islam, Kristen, Katholik dan Hindu.

Dalam amanatnya Presiden kembali mengingatkan kepada para Perwira Remaja bahwa pelantikan ini adalah awal pengabdian mereka kepada negara dan bangsa dan para Perwira harus menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Tampak hadir mendampingi Presiden di tribun kehormatan :  Ibu negara Ny. Iriana Joko Widodo, Menkopolhukam Jenderal TNI (Purn) Luhut Panjaitan, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, para Kepala Staf Angkatan (Kasad, Kasal, Kasau) dan puluhan pejabat tinggi negara dan tamu undangan manca negara.

Upacara Prasetya Perwira ini juga dimeriahkan oleh tarian dan drama kolosal yang diperankan oleh 600 orang Taruna Akademi Militer dengan koreografer Denny Malik. Tarian dan drama yang dimainkan dengan apik dan penuh semangat tersebut menceritakan kilas balik sejarah perjuangan bangsa Indonesia sejak jaman penjajahan, Proklamasi RI , perjuangan mempertahankan kemerdekaan serta semangat rakyat Indonesia untuk mengisi kemerdekaan.

Di akhir rangkaian acara para orangtua dan sanak keluarga diperkenankan untuk memasuki lapangan dan mencari putra/putri mereka yang baru saja dilantik menjadi Perwira Remaja. Suasana bahagia,  haru  dan bangga seketika menyelimuti Lapangan Sapta Marga saat para orang tua bertemu dengan putra/putri mereka yang telah 4 tahun digembleng di Akademi angkatan demi mewujudkan cita-citanya. Selamat bertugas para Perwira Remaja, negara dan bangsa menunggu baktimu..! (Dispenad/dax)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Presiden RI Lantik 720 Perwira Remaja TNI – Polri