TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

RSPAD Gatot Soebroto Bantu Revaksinasi Gratis Bagi Anak Keluarga Anggota Kopassus

By 18 Jul 2016 15:00Kopassus
18 Juli 2016 U

Sejak diumumkannya ke-14 rumah sakit yang diduga menggunakan vaksin palsu, banyak orang tua korban yang mendatangi rumah sakit untuk meminta pertanggung-jawaban pihak rumah sakit. Kopassus bertindak cepat untuk mengantisipasi putra-putri anggota militer dan PNS Kopassus yang anaknya berobat di sekitar rumah sakit yang dekat dengan lokasi satuan Kopassus untuk melaksanakan revaksinasi gratis atau vaksin ulang secara gratis.

Secara simbolis pemberian vaksin ulang dilakukan oleh Danjen Kopassus, Mayjen TNI M. Herindra terhadap salah satu anak anggota militer Kopassus di Kantor Kesehatan Kopassus JL. RA. Fadhillah Cijantung Jakarta Timur, yang diikuti dengan anak-anak anggota militer dan PNS Kopassus lainnya di Ruang KSA yang telah disediakan (Senin, 18/7). Kegiatan vaksin ulang ini dilakukan atas perintah Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo akibat banyaknya anggota militer dan PNS Kopassus yang terkena dampak peredaran vaksin palsu saat berobat ke rumah sakit disekitar Kopassus. Dari data yang terhimpun ada sekitar 30 anak anggota militer dan PNS yang perlu mendapatkan perhatian untuk melakukan revaksinasi. Selain itu, dilaksanakan pula imunisasi vaksin dasar kepada anak-anak anggota militer dan PNS Kopassus lainnya di satuan jajaran Denma Makopassus, Grup 3 Kopassus dan Sat-81 Gultor Kopassus. Menurut Danjen Kopassus, “Kegiatan imunisasi vaksin ulang ini atas bantuan dari RSPAD Gatot Soebroto sesuai perintah Panglima TNI agar RSPAD Gatot Soebroto berinisiatif cepat, dan jangan sampai terlambat sehingga diharapkan hari ini dilaksanakan vaksin ulang”, demikian tegasnya.

Menurut Kolonel Ckm dr. Bambang – Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto, dari pihak rumah sakit telah mendatangkan tim RSPAD, meliputi dokter anak, apoteker dan para perawat. “Sesuai petunjuk Panglima TNI melalui Kepala Rumah Sakit dan Danjen Kopassus kemarin (Minggu, 17/6), kami diperintahkan melaksanakan vaksinasi ulang pagi ini” (Senin, 18/7). Sekali lagi kepada keluarga korban bahwa vaksinasi ulang ini tidak berdampak apa-apa dan ini diyakinkan akan memberikan kesehatan atau kekebalan yang lebih pada anak yang akan divaksinasi ulang. Semuanya sesuai petunjuk Panglima, bahan, bekal kesehatan, alat-alat dan obat dari RS Gatot Soebroto dan gratis, kata dr. Bambang.

Sedangkan Kolonel Ckm dr. Yenni Purnama – Kepala Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSPAD Gatot Soebroto menyampaikan bahwa dalam imunisasi vaksin ini disediakan vaksin dasar, yaitu DPT, Polio, Campak, dan HIB yang diambil dari Suku Dinas Kesehatan (Bio Farma) yang secara distribusi sah dan tidak dipalsukan. Selanjutnya, anak hasil vaksin yang terindikasi palsu akan discreening. Pemberian imunisasi ini tidak memberikan dampak terhadap pasien yang sudah diimunisasi, karena lebih baik berlebih daripada kurang. Mengingat tujuan imunisasi adalah memberikan kekebalan kepada anak terhadap penyakit yang sudah diindikasikan terhadap penyakit tersebut. Dalam imunisasi vaksin ini, pihak RSPAD telah menyediakan Tim, yatu 2 dokter anak dan tim perawat yang semuanya berjumlah 10 orang.

Turut hadir dalam kegiatan imunisasi revaksinasi gratis, selain Danjen Kopassus beserta Ibu Metty Herindra, juga Wadanjen Kopassus beserta Ibu Eva Santos G. Matondang, para Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopassus, para Pamen Ahli Kopassus, Ir. Kopassus, para Asisten Danjen Kopassus, serta para Kabalak Kopassus, dan para anak-anak anggota militer dan PNS Kopassus yang melaksanakan kegiatan imunisasi vaksin.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IV/Diponegoro Kostrad Kodam Iskandar Muda Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

RSPAD Gatot Soebroto Bantu Revaksinasi Gratis Bagi Anak Keluarga Anggota Kopassus