Skip to main content
Kodam XII/Tanjungpura

Satgas PCS TNI AD Tinjau Cetak Sawah di Wilayah Kodim 1207/BS

Dibaca: 13 Oleh 28 Jul 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Pontianak, Tim Satgas Perluasan Cetak Sawah (PCS) TNI AD yang dipimpin Brigjen TNI Nanang Heriyanto melakukan peninjauan lahan cetak sawah di Desa Sei Belidak Kecamatan Sei Kakap dan Desa Kerawang Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu raya, Rabu (27/7/16).

Peninjauan ini untuk mengetahui sampai sejauh mana dalam pengerjaan penyiapan dan kondisi lahan cetak sawah ditegaskan Brigjen TNI Nanang Heriyanto.

“Apabila bila lahannya sudah siap, Gapoktan segera mendaftarkan jumlah anggota ke dinas pertanian setempat guna memudahkan pendistribusian benih dan pupuk yang rencananya penanamannya pada tanggal 31 Agustus 2016”, jelasnya.

Sementara itu, di Desa Karawang, para petani mengalami kesulitan terutama lahan, lahan tanahnya masih mengandung zat asam yang masih tinggi, sehingga perlu pengapuran, sebab setelah diuji penanaman padinya tidak subur, mereka juga meminta para penyuluh pertanian untuk memberikan tata cara pemupukan yang benar.

Nanang mengharapkan, walaupun demikian para petani harus berupaya bagaimana caranya untuk mengolah lahannya untuk bisa menjadi subur, sebab untuk dukungan dari Kementan sendiri hanya didukung benih, pupuk dan lahan. Jadi para petani tidak boleh menyerah, apabila ini berhasil ini adalah untuk kesejahteraan petani itu sendiri. Jelas Nanang.

Baca juga:  TNI Ajak Generasi Muda Tumbuhkan Cinta Tanah Air

Sedangkan dari Kementan Sutoto menjelaskan, program cetak sawah dari Kementan adalah program cetak sawah irigasi, nyatanya di Kalimantan Barat khususnya di Kubu Raya sangat berbeda yaitu sistim tanam padi ladang, ini adalah kendala yang dihadapi dilapangan, perlu penanganan khusus, tegasnya.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel