TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tetap Semangat Walaupun Suasana Lebaran

By 11 Jul 2016 15:04Kodam IV/Diponegoro
11 Juli 2016 H

DUKUN- Babinsa Desa Paten Koramil 15 Dukun Kopda Giyanto melaksanakan pendampingan panen padi jenis Mekongga seluas 0,2 hektar milik Suparlan (56) anggota kelompok tani “Tani Manunggal” Dusun Bandung Desa Paten Kecamatan Dukun, Babinsa selalu aktif melaksanakan pendampingan dengan tujuan program swasembada pangan yang di canangkan oleh pemerintah berjalan dengan sukses, Senin (11/7).

Padi jenis Mekongga merupakan salah satu jenis padi unggul yang banyak digemari oleh para petani, Karena berasnya apabila dimasak nasinya putih dan pulen serta varietas ini lebih tahan terhadap serangan hama dan juga masa panen yang lebih cepat yaiti umur padi mulai dari tanam sampai dengan panen relatif pendek yaitu 116-125 hari.

Dari padi yang ditanam di lahan seluas 0,2 hektar bisa menghasilkan padi kering panen seberat 12 Kwintal hal ini berbeda jauh dengan panen sebelumnya yang hanya menghasilkan padi kering panen seberat 10,5 Kwintal. Panen padi milik Bapak Suparlan ini karena penyiapan lahan yang bagus serta pola tanamnya mengikuti anjuran PPL dan Babinsa setempat dengan pola jajar legowo.

“Kami sangat berterimakasih kepada bapak bapak dari PPL dan Babinsa yang telah memberikan penyuluhan kepada petani sehingga hasil panen bagus dan tanaman bisa terhindar dari hama tanaman seperti belalang, wereng, tunggro maupun hama tikus”, Ujar Suparlan.

Babinsa Paten, Kopda Giyanto,selalu menghimbau agar petani tetap memperhatikan dan mengikuti anjuran petugas PPL yang memang ahli di bidangnya agar didapat hasil panen yang maksimal sehingga hasil panen bisa dipergunakan untuk mencukupi kebutuhan keluarga, Dengan mengikuti penyuluhan dan mempraktekkan apa yang diberikan oleh para petugas pertanian kemungkinan gagal panen bisa ditekan sekecil mungkin, kata giyanto. (HOMBING)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam II/Sriwijaya Kodam Iskandar Muda Puspen TNI Kodam IV/Diponegoro Dinas Penerangan Berita Satuan Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tetap Semangat Walaupun Suasana Lebaran