Skip to main content
Kodam XIV Hasanuddin

1000 Pelajar SMA dan Sederajat Ikuti Sosialisasi Bela Negara di Wilayah Kodim 1402/Polmas

Dibaca: 123 Oleh 11 Agu 2016Agustus 31st, 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 71 Tahun 2016, Kodim 1402/polmas menyelenggarakan sosialisasi Bela Negara bagi pelajar setingkat SMA sederajat di wilayah Kodim 1402/Polmas sekaligus merupakan program TNI Angkatan Darat khususnya Kodam VII/Wirabuana yang diikuti seribu siswa-siswi SMA dan sederajat kabupaten Polman yang digelar di Gedung Gabungan Dinas (Gadis) Kabupaten Polewali Mandar. Kamis(11/08)

Kegiatan Sosialisasi tersebut dihadiri Ketua Tim Forum Kebangsaan Wirabuana Kolonel Inf Satria Putra Rauf S.Ip, Dandim 1402/Polmas Letkol Kav I Made Bagus Suraputra, Kadisdikpora Kab Polman diwakili Kabiddikmen H Muhiddin Mg serta 1000 Pelajar SMA Sederajat serta guru pendamping tiap sekolah sekabupaten Polewali Mandar.

Kegiatan diawali dengan membacakan amanat Pangdam VII/Wrb Mayjen TNI Agus Surya Bakti dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Ketua Tim Forum Kebangsaan Wirabuana Kolonel Inf Satria Putra Rauf S.Ip mengatakan, Kegiatan sosialisasi bagi para siswa SMA sederajat ini, dimaksudkan untuk menumbuhkan kembali pemahaman tentang Bela Negara bagi generasi muda khususnya bagi pelajar SMA dan sederajat.

Baca juga:  Babinsa Kodim 1402/Polman Bersama Babinkamtibmas dan Warga Padamkan Api Yang Membakar Lahan Milik Warga Di Polman

Kita semua menyadari, bahwa pemahaman tentang Bela Negara ini sangat penting bagi segenap warga negara, utamanya bagi generasi muda karena mereka akan kita persiapkan untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan dimasa yang akan datang, sehingga mereka perlu diberi pemahaman Bela Negara sejak dini, agar mereka benar-benar memiliki kesiapan untuk menjadi penerus perjuangan bangsa di masa depan.

Pangdam dalam amanat tertulisnya berharap, esensi Bela Negara yang akan diberikan melalui kegiatan ini nantinya dapat diaplikasikan dan dikembangkan dengan sebaik-baiknya sesuai bidang dan fungsi masing-masing.

Pangdam berharap agar, sasaran kegiatan dapat tercapai dengan Terbangunnya watak generasi muda yang memiliki rasa cinta tanah air serta kesadaran berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban bagi bangsa dan negara, memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme, memiliki awal bela negara baik secara psikis maupun fisik.

Sementara itu Dandim 1402/Polmas Letkol Kav I Made Bagus Suraputra pada kesempatan tersebut memberikan materi dengan judul “Peran Genersasi Muda Dalam Bela Negara” dihadapan ribuan peserta sosialisasi Bela Negara di gedung Gadis Kabupaten Polewali Mandar.

Baca juga:  Kasdam IM Pimpin Penanaman Manggrove

Dalam materinya Dandim mengajak para peserta agar menyamakan persepsi tentang Bela Negara utamanya pelajar setingkat SMA dan sederajat. ”Mari kita sepakat bahwa semua hal yang memperkuat Bangsa adalah Bela Negara” Papar Dandim.

Melanjutkan Materinya dihadapan ribuan pelajar SMA dan sederajat Dandim 1402/Polmas menjelaskan secara umum bahwa Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

Mantan peacekeeper di Congo itu mengingatkan para pelajar akan kesadaran Bela Negara sebagai nilai luhur yang harus tertanam pada generasi muda. “Fenomena global saat ini menghasilkan ancaman, salah satunya masuknya pengaruh budaya luar melalui internet.

Untuk itu, “saya mengajak kepada adik-adik agar mempersiapkan diri masing-masing menghadapi era pasar bebas, mari berkompetensi dalam semua aspek kehidupan, cinta tanah air dan implementasi Bela Negara dengan daya saing bangsa”. Ujar Lulusan Akademi Militer 1997 itu.

Baca juga:  Operasi Teritorial Berhasil, Kepercayaan Masyarakat Pulih

Mengakhiri materinya Dandim berpesan kepada para peserta agar menjauhi segala macam bentuk Narkoba, hindari pergaulan bebas dan yakinlah bahwa Semua orang dilahirkan untuk menjadi pemenang dan selamat berjuang meraih cita-cita.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan disambut dengan antusisias para pelajar yang memberikan pertanyaan kepada tim Sosialisasi Bela Negara.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel