TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0707/Wonosob Gandeng Dinas Pertanian Bantu Petani

By 09 Aug 2016 07:16Kodam IV/Diponegoro
9 Agustus 2016 C

Sebentar lagi memasuki musim kemarau, sementara target swasembada pangan harus tetap berjalan dengan baik. Sementara itu ada sebagian daerah di Wonosobo bilamana musim kemarau datang maka kesediaan air tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan para petani. Melihat hal tersebut Kodim 0707/Wonosobo tidak tinggal diam. Untuk itu dengan menggandeng Dinas Pertanian dan Perikanan mengadakan pompa air untuk kelompok tani yang benar – benar membutuhkan.

Pada kesempatan tersebut bisa disalurkan 5 buah pompa air diberikan langsung kepada 5 kelompok tani. Penyerahan diberikan langsung oleh Komandan Kodim Letkol Czi Dwi Hariyono kepada ketua kelompok tani. Ke 5 kelompok tani tersebut adalah Raharjo dari Mungkung Kalikajar, Margo Utomo dari Gadingrejo Kepil, Santosa dari Kenjer Kertek, Gangsar dari Surengede Kejajar, Harapan dari Candisirunting Selomerto bertempat di halaman Makodim. (8/8)

Komandan Kodim menyampaikan kepada para penerima pompa air agar barang yang sudah diterima supaya dirawat sebaik mungkin sehingga bisa bermanfaat lebih lama. Pemberian ini adalah sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam upaya menyukseskan swasembada pangan. Bentuk perhatian ini diberikan melalui berbagai macam bantuan yang diberikan salah satunya adalah dengan memberikan pompa air.

Adapun Manfaat Irigasi Untuk Pertanian adalah sebagai berikut : 1. Memasok atau menyediakan air untuk lahan pertanian. Dengan adanya irigasi ini maka pasokan air untuk lahan pertanian akan terpenuhi. Petani menjadi semakin mudah dalam mengolah lahan pertanian mereka dan tidak takut lagi kekurangan air. ; 2. Menjamin ketersediaan air ketika musim kemarau. Irigasi bermanfaat dalam mengairi lahan pertanian, apalagi pada musim kemarau tiba pasokan air tentu menjadi sulit dan air tanah akan mengering. Dengan adanya irigasi ini maka ketersediaan air pada musim kemarau akan terpenuhi. 3. Melancarkan aliran air kelahan persawahan. Dengan irigasi ini aliran air kelahan persawahan akan lancar. Tidak ada lagi penghambat aliran air sehingga mempermudah petani untuk menggarap lahan persawahan mereka.; 4. Untuk membasahi tanah. Khusus untuk daerah yang memiliki curah hujan yang rendah, maka sistem irigasi ini sangat bermanfaat sekali untuk membasahi tanah pada lahan pertanian. Jadi pada intinya sistem irigasi ini sangat bermanfaat sekali dalam bidang pertanian. Khususnya bermanfaat bagi petani dalam mengairi lahan pertanian mereka.

Ismanto selaku ketua kelompok tani Raharjo desa Mungkung mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan kepada para petani. Kami merasa senang merasa diperhatian akan nasibnya. Dengan pemberian pompa air ini akan membantu sekali bagi para petani yang sebentar lagi memasuki musim kemarau.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0707/Wonosob Gandeng Dinas Pertanian Bantu Petani