TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Catatan Kecil Keceriaan Anak-Anak Poso Dengan Prajurit TNI

By 27 Aug 2016 09:50Kodam XIV Hassanudin
DSCN5767

    Cerita atau pengalaman yang ditulis ini memang belum berlansung lama, pengalaman ini terjadi ketika prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Ops Tinombala melaksanakan kegiatan teritorial bhakti TNI membuatkan instalasi air bersih buat warga disalah satu kelurahan di Tanah Runtuh Kab Poso sekitar awal Agustus yang lalu.

    Dua orang ibu yang kami lewati rumahnya, saat kami sapa dengan ramah balik bertanya mau apa aparat datang ketempatnya dengan agak sedikit skeptis, setelah dijelaskan maksud kedatangan kami mulailah ibu itu tersenyum.

    Ketika sampai dilokasi pembuatan menara air, ternyata kami telah dtunggu anak-anak sekolah dasar  yang sedang rehat dari pelajaran sekolahnya yang kebetulan tidak jauh dari tempat kami bekerja. Sepertinya kehadiran kami menjadi sesuatu yang menarik bagi mereka, kemana kami melangkah selalu dikerubungi anak-anak kecil dengan tingkahnya yang polos dan lugu.

    Sampai pada cerita kami bersenda gurau dengan anak-anak ini, kami mencoba melontarkan pertanyaan iseng perihal cita-citanya kalau sudah besar, sebab biasanya anak-anak paling senang kalau ditanya ini.

    Awalnya kami bertanya kepada satu anak, yang menjawab ingin menjadi mujahid, karena penasaran mana tahu ada cita-cita yang lain, kami memberikan pertanyaan yang sama kepada anak yang lain, ternyata jawabannya sama menjadi mujahid, sampai kami tanyakan kepada seluruh anak yang bercengrama dengan kami semua menjawab menjadi mujahid.

    Kami hanya tertegun dengan jawaban polos anak-anak tersebut, dan kamipun belum tahu bagaimana makna mujahid menurut pikiran-pikiran anak tersebut, semoga saja cita-cita mujahid mereka tidak terperangkap dalam makna yang sempit tapi lebih dari itu mereka harus juga menjadi mujahid/pejuang dalam makna yang lebih luas, anak-anak Poso juga harus menjadi pejuang bagi bangsa dan negaranya.

Program deradikalisasi juga harus menyentuh generasi muda mulai dari anak-anak sampai remaja untuk menyelamatkan mereka dari paham radikal dan kita berharap tunas-tunas bangsa ini  akan berkembang dan bertumbuh menjadi anak yang hebat dan  punya rasa patriotisme dan nasionalisme  yang tinggi terhadap bangsanya. Semoga catatan kecil ini ada manfaatnya (Adrizal)

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Catatan Kecil Keceriaan Anak-Anak Poso Dengan Prajurit TNI