TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa 0814/15 Mojowarno Mata Dan Telingga Petani Demi Swasembada Pangan Nasional

By 04 Aug 2016 15:09Kodam V/Brawijaya
4 Agustus 2016 O

Jombang- Demi menyelamatkan tanaman padi milik para petani dan sebagai antisipasi meluasnya serangan hama yang menyerang tanaman padi, Babinsa Desa Latsari Serda Imam S Koramil 0814/15 Mojowarno, menggelar pendampingan sosialisasi penanganan dan penyemprotan hama jamur padi di lahan tanaman padi milik Kelompok Tani Dusun Jambangan Desa Latsari Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Rabu 3 Agustus 2016.

Dalam kesempatan itu PPL, Babinsa, Kepala Desa bersama petani melaksanakan penyemprotan dengan luas lahan padi yang disemprot sekitar 20 hektare. Tujuan penyemprotan ini yaitu untuk membasmi hama kresek, blast dan memberikan kesuburan terhadap batang padi serta sebagai uji coba pelaksanaan obat baru sebanyak 40botol yang merupakan pengobatan bantuan sanming untuk hama wereng. Penyuluh pertanian juga menjelaskan kepada petani cara melakukan penyemprotan hama. Membasmi penyakit dan obat yang digunakan untuk membasmi berbagai jenis hama yang menyerang tanaman padi.

Kepala Mantri Plh PPL Kec. Mojowarno Bapak Sumarwan mengatakan “Penyemprotan harus dilakukan pada pagi hari, pukul 06.00–09.00 WIB sedangkan untuk sore penyemprotan dilakukan pukul 15.00–18.00 WIB. Apabila jadwal penyemprotan tidak dilakukan pada waktu ini maka penyemprotan yang dilakukan petani hanya merusak tanaman padi saja,” kata Sumarwan menjelaskan.

Sementara Komandan Koramil ( Danramil ) 0814/15, Kapten Inf Chusnul Muqim mengatakan, “ Personil Babinsa Koramil Mojowarno selalu siap dalam membantu petani, seperti yang terlihat giat tadi, Babinsa juga ikut dalam penyemprotan tanaman padi karena itu semua untuk mewujudkan program peningkatan produksi pangan di Mojowarno, TNI siap mendampingi petani. Seperti serangan hama kresek, Babinsa cepat lapor dan melakukan koordinasi dengan UPT dan juga penyuluh pertanian. Harapan kami dengan saling kerja sama yang baik semua dapat tercapai sesuai dengan rencana,” kata Kapten Inf Chusnul Mugim. (Penrem 082/CPYJ)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa 0814/15 Mojowarno Mata Dan Telingga Petani Demi Swasembada Pangan Nasional