TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Berdayakan Tanah Produktif Warga Taman Jeka Poso Dan TNI Tanam Pohon Merica

By 29 Aug 2016 13:30Kodam XIV Hassanudin
WhatsApp Image 2016-08-29 at 12.49.25

Poso (Senin, 29/08/2016), – Berawal dari dialog warga Dusun Taman Jeka Desa Masani Kec Poso Pesisir Kab Poso dengan aparat teritorial setempat yang salah satunya membahas bagaimana memberdayakan tanah-tanah produktif disekitar desa, maka terlintasnya ide dan gagasan untuk menanam lada atau yang juga disebut merica.

Kemudian disusunlah rencana untuk merealisasikan program ini secepatnya, Danramil 1307-9/Poso Pesisir yang juga merangkap sebagai Datsatgaster Tinombala Kapten Inf Jayadi lansung bertindak sebagai pelaksana lapangan dengan mengerahkan anak buahnya untuk membantu warga Taman Jeka mewujudkan usaha perkebunan merica.

Mulai minggu pertama Agustus 2016 warga Taman Jeka dengan Para Babinsa Koramil 1307-9/Poso Pesisir secara rutin melaksanakan kerja bhakti membersihkan dan menyiapkan lahan kebun merica yang telah disiapkan warga dengan luas lebih kurang satu setengah hektar. Pada minggu kedua dilakukan pemasangan patok dengan jarak tanam 1,5 M dari kayu bungku yang tergolong kuat dan tahan lama untuk dipakai sebagai tiang rambatan pohon merica.

Menurut Kapten Jayadi, proses pembibitan sudah kita mulai dengan memakai media polibeg, dan nantinya bibit yang sudah siap tanam akan dipindahkan kelubang penanaman yang telah ada tiang rambatnya. Kita akan terus membantu dan mendampingi warga dalam memelihara dan merawat tanaman ini sampai berproduksi sekitar dua tahun kedepan, kita harapkan program ini akan berhasil dan secara tidak lansung dapat memulihkan kepercayaan warga serta dapat meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan warga, tegas Danramil.

Muhammad Shabara tokoh yang dituakan di Taman Jeka mewakili warga mengaku senang dan gembira dengan perhatian bapak-bapak TNI dalam memajukan dan meningkatkan kesejahteraannya kampungnya. Kalau kampung ini maju dan sejahtera tentu kami juga yang akan menikmatinya, katanya sambil berucap terima kasih.

Tanaman merica merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memiliki peluang bisnis yang patut dikembangkan dan sangat cocok ditanam di daerah Poso terutama diwilayah pedesaan. Merica menjadi salah satu andalan tanaman rempah di Indonesia, yang sudah sejak jaman dahulu dibudidayakan oleh masyarakat, merica selain dipakai sebagai bumbu masak andalan, juga dipakai dalam skala besar oleh industi jamu/obat dan kosmetik. Merica memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi, karena lada menjadi salah satu komoditas rempah yang diekspor oleh Indonesia. (Satgas Tinombala)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Berdayakan Tanah Produktif Warga Taman Jeka Poso Dan TNI Tanam Pohon Merica