TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dandim 1006/MTP Panen Padi Perdana Bersama Masyarakat Banjarbaru

By 16 Aug 2016 08:53Kodam VI/Mulawarman
20160815a

Landasan Ulin. (15/08) Dandim 1006/Mtp Letkol Arm Andi Martopo, SE. bersama masyarakat dan Kelompok Tani Sumber Rejo melaksanakan Panen padi perdana yang bertempat di persawahan masyarakat kelompok Tani Sumber Rejo di Jalan Kasturi I Kelurahan Syamsuddin Noor Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru Kalsel, 10 Agustus 2016.

Hadir pada acara panen padi tersebut yang mewakili Walikota Banjarbaru Kadistanbuntanak Ir. Rustam Efendi, Dinas PU, BPS kota Banjarbaru Bapak Fauzan Arfan, Kadis Bapelluh Ir. Barzaeni, Kabid Ketahanan Pangan Bapak Muhlan. Sp. MM, Danramil Liang Anggang Kapten lnf Kurmanto, Kasipem Kecamatan Bapak Harliansyah S.sos, Lurah Syamsudin Noor Bapak Taufik Rahman, Ketua Pengurus Persit KCK Cab XXIX Dim 1006/Mtp Ibu Intan Andi Martopo, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Manteri Tani, PPL Serta para Kelompok Tani masyarakat Sumber rejo landasan ulin.

Kali ini penyampaian datang dari Kelompok Tani Sumber rejo Bapak Tukul Darmansyah ada sekitar puluhan hektar yang sudah siap panen jenis padi campuran tapi yang jelas hamparan padinya yaitu ke kebanyakan padi Siam unus. Lebih lanjut beliau juga berharap agar sekiranya pemrintah dapat memberikan bantuan kami mesin pompa air, alat mesin padi yang bertujuan nantinya mempercepat panen dan tanam padi ungkap nya.

Dandim 1006/Mtp Letkol Arm Andi Martopo, SE. mengatakan hal ini baru pertama kali saya menghadiri langsung selama bertugas di Kabupaten Banjar dan Banjarbaru. Dia mengaku sangat mengapresiasi terhadap hasil bagus yang ditorehkan para poktani Sumber Rejo Syamsudin Noor tersebut, meskipun panen dengan luas hamparan padi hanya 20 hektar saja namun dalam rata- rata 1 hektar bisa menghasilkan sebanyak 5,6 ton gabah kering. Ini adalah merupakan suatu kebanggaan bagi kita Pamerintah dan masyarakat khususnya kelompok tani Sumber rejo dengan hasil capaian tersebut.

“Sesuai amanah dari bapak Panglima TNI yang bekerjasama dengan Kementrian Pertanian, kami akan selalu dukung permintaan fasilitas dan keluhan para petani. Seperti halnya di Poktani sumber rejo ini. Harapan kedepan kita akan lebih ada lagi nantinya panen padi yang lebih besar di banjarbaru ini agar nanti kebutuhan masyarakat akan beras bisa terpenuhi dan tidak mendatangkan lagi dari luar daerah ungkap Dandim 1006/Mtp.

Sementara itu Bapak Walikota Banjarbaru dalam sambutannya yang di bacakan oleh Kepala Dinas Pertanian perkebunan dan peternakan Banjarabaru bahwa dalam pernyataan Menteri Pertanian RI DR. Ir. Andi Amran Sulaiman Kalsel, Kaltim, Kaltara akan menjadi fokus penciptaan swasembada mengingat potensi pertanian yang ada di tiga wilayah Provinsi ini sangat besar.

Ini juga berkat kegigihan para Kelompok Tani Sumber rejo dan masayarakat atas kerja kerasnya dalam menanam padi demi mewujudkan terciptanya swasembada pangan di kota Banjarbaru dengan tidak lagi mendatangkan beras dari daerah yang ada di Indonesia.

Untuk itu sekali lagi atas Nama pemeritah saya ucapkan selamat atas keberhasilan kelompok Tani Sumber Rejo serta semua pihak yang telah mendukung sehingga panen padi ini dapat terlaksana dan semoga produktivitas pertanian di Banjarbaru dapat terus berkembang dan kedaulatan pangan tahun 2017 dapat terpenuhi di Banjarbaru. (Kodim 1006/Mtp)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IX/Udayana Kodam I/Bukit Barisan Kodam XVI/Patimura Kodam II/Sriwijaya Kostrad Artikel Tips Kesehatan Puspen TNI
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dandim 1006/MTP Panen Padi Perdana Bersama Masyarakat Banjarbaru