TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dukungan Polisi Militer Dalam Operasi Tinombala Di Poso

By 02 Aug 2016 Kodam XIV Hassanudin
Untitled

Operasi Tinombala yang berlansung di Poso adalah sebuah operasi gabungan antara TNI dengan Polri dalam mengejar kelompok Teroris Santoso. Operasi bersama ini telah membuahkan keberhasilan membanggakan  dengan ditangkapnya pimpinan kelompok teroris Santoso pada tanggal 18 Juli 2016 lalu dalam suatu peristiwa kontak tembak di Kuala Tambarana Poso.

Untuk menjaga proses hukum terkait dengan peristiwa hukum atau perbuatan hukum yang yang muncul akibat dari  pelaksanaan operasi ini, agar sesuai dengan aturan hukum yang berlaku sesuai undang-undang RI dan juga aturan hukum dalam internal TNI, termasuk dalam hal penegakan disiplin dan ketertiban, maka Kolakops TNI Tinombala diperkuat oleh personel dari satuan Polisi Militer (PM) Angkatan Darat.

Dalam struktur Kolakops TNI, keterlibatan personel PM Angkatan Darat (Pomad) dalam operasi Tinombala barada dibawah Satuan tugas bantuan (Satgasbant) yang dipimpin Dantim Kapten CPM Eko Murjiantoro bersama 6 anggota PM dari Pomdam VII/WRB dan dukungan randis Waltis yang setiap saat dapat digerakkan.

Semenjak operasi berlansung personel Pomad selalu proaktif melakukan tugas pengawasan, pengamanan  dan pengawalan taktis pasukan, pengamanan VIP/VVIP dan dukungan waltis  terhadap personel maupun materiil. Personel Pomad juga melakukan kegiatan patroli aktif, sweping preventif dan selalu memonitor kegiatan operasi Tinombala.

Sebagai penegak disiplin dalam internal TNI, personel Pomad juga melakukan penyuluhan hukum kepada prajurit yang berada di Pos-Pos pengamanan menyangkut masalah poses hukum dan  disiplin  prajurit, kalau ada penonjolan kasus terkait dengan operasi seperti penangkapan DPO atau perkara pidana lain, personel Pomad melaksanakan proses verbal kejadian, melakukan pemeriksaan dan pengamanan barang bukti bekerja sama dengan Polri dan membuat laporan resume kepada Dankolakops.

Menurut Dantim Pomad  Kapten CPM Eko Murjiantoro, tanggung jawab tugas Pomad selama operasi Tinombala dapat dilaksanakan dengan baik, walaupun ada kendala-kendala dilapangan namun masih bisa diatasi, Bravo PM Angkatan Darat Satya Wira Wicaksana (Adrizal)

 

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam V/Brawijaya Kodam IX/Udayana Puspen TNI Kodam II/Sriwijaya Artikel Tips Kesehatan Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dukungan Polisi Militer Dalam Operasi Tinombala Di Poso