TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Gerakan ​Percepatan Tanam Padi di Nagan Raya

By 01 Aug 2016 06:43Kodam Iskandar Muda
DSC_0561

Nagan Raya, Untuk mensukseskan Program Swasembada pangan (Program PAJALE) Kabupaten Nagan Raya, Kelompok Cahaya Mata Baro  Desa Blang Baro, Kecamatan Kuala bersama Tim Upsus Pajale Dinas Pertanian dan Peternakan Nagan Raya bersama aparat Kodim 0116/Nagan Raya melaksanakan gerakan tanam padi serentak untuk mengawali musim tanam padi 2016 diareal seluas 25 Ha, Sabtu (30/7).​

 Dalam kesempatan ini Kadistannak Nagan Raya, Ali Basyah,SP menyampaikan  bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara serentak guna mendukung Program Swasembada Pangan Nasional di Kabupaten Nagan Raya. Ia Juga menerangkan bahwa Luas tanam MT Rendeng pada kurun waktu 2015-2016 seluas 13.898 Ha dengan total produksi 92.931,5 Ton, sedangkan MT Gadu tahun 2016 target tanam seluas 12.222 Ha dengan target produksi 79.443 Ton. Jadi total produksi pada tahun 2016 adalah 172.374,5 Ton. “Kabupaten Nagan Raya mengalami surplus sebesar 113,374,5 Ton gabah kering giling, naik 5 % dari tahun 2015,”terangnya.
Sementara ​Bupati Nagan Raya, H.T Zulkarnaini, pada pernyataannya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap semoga dengan adanya kegiatan seperti ini petani dan kelompok tani yang ada di wilayah kabupaten Nagan Raya bisa lebih bersemangat lagi dalam mendukung dan mensukseskan program PAJALE. Apalagi, lanjut Bupati, Pemda Nagan Raya telah memberikan bantuan berupa alat sarana pertanian serat benih padi kepada seluruh kelompok tani di Nagan Raya. “Sampaikan keluhan serta kendala dilapangan melalui Petugas Pengawas Lapangan serta Babinsa yang setiap waktu memantau perkembangan petani di wilayah binaan masing-masing,”pesanya.

Dalam kesempatan yang sama Danrem 012/TU Kolonel   Inf   Djaka   Budhi   Utama,   S.Sos melalui Dandim 0116/Nagan Raya, Letkol Arm Erland Hendriatna menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian TNI terhadap program pemerintah yang dilakukan secara serentak untuk menuju Upsus Swasembada Pangan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Prov.Aceh umumnya dan Kabupaten Nagan Raya pada khususnya, serta memperkokoh pilar kekuatan bangsa demi tetap tegaknya keutuhan wilayah NKRI.

Tanam bersama ini dilaksanakan di lahan sawah milik kelompok tani Cahaya Mata Baro Desa Blangbaro dengan Abu Bakar sebagai ketua. Sedangkan varietas padi yang digunakan yaitu varietas Mekongga.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasiter Korem 012/TU Mayor Inf Malik, Pasi Bhakti Korem, Mayor Inf Wawan, Perwakilan Polres Nara, Camat Kuala, Drs Suwarno, Danramil/Danposramil jajaran Kodim 0116, anggota Pok Tani se-Kec Kuala dan masyarakat desa Blangbaro.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IX/Udayana Kodam V/Brawijaya Kostrad Kodam IV/Diponegoro Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Gerakan ​Percepatan Tanam Padi di Nagan Raya