TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Hortikultura Jadi Primadona Petani Ngablak

By 09 Aug 2016 11:07Kodam IV/Diponegoro
9 Agustus 2016 I

Ngablak- Anggota Koramil 07 Ngablak Kodim 0705/Magelang, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Pandean Sertu Samuel Rory Melaksanakan Pendampingan kepada petani Suparmi (56) dalam kegiatan penyiangan tanaman cabai di wilayah binaanya di Dusun Pandaian desa Pandaian Kecamatan Ngablak, Senin (08/8).

Seperti kita ketahui bahwa wilayah Kecamatan Ngablak mempunyai letak geografis yang berbeda dengan beberapa daerah lain di wilayah Magelang di mana Kecamatan Ngablak berada di daerah ketinggian sehingga sangat cocok untuk tanaman hortikultura dan sayur mayur.

Seperti halnya yang di lakukan Suparmi dan juga kebanyakan petani lainya di mana pada musim penghujan mereka menanam jagung untuk memenuhi kebutuhan pokok untuk di konsumsi sendiri dan di jual untuk keperluan lainnya. Pada saat musim kemarau datang suparmi menanam Cabai dan juga sayur mayur.

Saat di tanya kenapa menanam cabai?? Dengan senyum suparmi menjawab kalau harga cabai kadang kadan sangat tinggi sehingga sangat menguntungkan petani dan itu bisa untuk menutup kebutuhan yang lainnya.” Saat musim kemarau seperti ini permintaan sayuran dan juga cabai sangat tinggi sehingga harga pasar relatif setabil dan cenderung naik tentu ini menguntungkan petani kecil seperti saya” ujar Suparmi.
Sementara itu menurut Babinsa Pandean Sertu Samuel Rory, pendampingan petani ini merupakan perintah Danramil yang turun dari Komando atas, ” dengan adanya pendampingan oleh Babinsa di harapkan segala keluh kesah dan kendala petani di lapangan bisa secapatnya di carikan solusinya” ujar Rory, Tentu hal ini tidak saya lakukan sendiri melainkan berkoordinasi dan bersinergi dengan dinas terkait yang berkompeten di bidang pertanian, imbuhnya.(HOMBING)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Hortikultura Jadi Primadona Petani Ngablak