TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kerajaan Palembang Darusalam Hadir Di Istana Negara Jakarta

By 17 Aug 2016 08:29Kodam II/Sriwijaya
kerajaan 2
 
 
Palembang,  (Penrem 044/Gapo).
 
Korem 044/Gapo yang diwakili oleh Kodim 0418/Palembang mengirimkan perwakilannya personel membawa Bendera dan Pakaian Adat Kesultanan Palembang Darusalam ke Istana Merdeka Jakarta dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke-71 tahun 2016 (16/8/2016).
 
Pada tahun 1.550 M merupakan titik awal berdirinya Kesultanan Palembang Darusalam yang merupakan kerajaan Islam di Indonesia yang berlokasi di sekitar Kota Palembang Sumatera Selatan. Kerajaan ini diproklamirkan oleh Sri Susuhunan Abdurrahman bangsawan pelarian dari Kesultanan Demak akibat kemelut politik sesudah mangkatnya Sultan Trenggana. Pada masa ini pusat pemerintahan di daerah sekitar Kelurahan 2 Ilir, di tempat yang sekarang merupaken Kompleks PT. Pupuk Sriwijaya. Secara alamiah lokasi Keraton cukup strategis dan secara teknis diperkuat oleh dinding tebal dari kayu unglen dan cerucup yang membentang antara Plaju dengan Pulau Kembaro, sebuah pulau kecil yang letaknya di tengah Sungai Musi. Kesultanan Palembang Darusalam runtuh oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tanggal 7 Oktober 1.823 M.
 
Perwakilan Kesultanan Palembang Darusalam yang dikirim pada upacara 17 Agustus di Istana Negara dibawakan langsung oleh generasi pewaris Kesultanan bapak Yusuf dengan membawa panji-panji Kesultanan Palembang Darusalam dan didampingi oleh Pasipers Kodim 0418/Palembang Kapten Inf Jauhari.
 
Dalam kirab panji dan pakaian adat Kerajaan/Kesultanan yang pernah berdiri di Nusantara, selain perwakilan dari Korem 044/Gapo yang diwakili oleh Kesultanan Palembang Darusalam juga akan dihadiri oleh seluruh perwakilan Kerajaan/Kesultanan yang ada di seluruh Indonesia.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kerajaan Palembang Darusalam Hadir Di Istana Negara Jakarta