TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kerjasama Badan Karantina di Wilayah Perbatasan RI-PNG

By 11 Aug 2016 August 31st, 2016 Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2016-08-10_09-42-11

Jayapura – Bertempat di Aula Kantor Distrik Muara Tami, Jln. Poros Perbatasan Skouw Mabo, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Perjanjian Kerjasama Badan Karantina Pertanian Dengan TNI-Polri Wilayah Perbatasan RI-PNG di Skouw, Kota Jayapura dengan tema “Tingkatkan Perlindungan Sumber Hayati Bangsa, Kesehatan dan Perekonomian Rakyat Melalui Kerjasama Badan Karantina Pertanian TNI dan Polri” yang diikuti sekitar 100 orang, Selasa (9/8/2016)

Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk mencegah penyakit hewan, tumbuhan dan sekaligus akan meningkatkan dan melindungi Sumber Daya Alam di Papua. Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kebutuhan masyarakat guna menuju kualitas dan kuantitas pangan, oleh karena itu Karantina Pertanian melakukan MoU untuk bekerjasama dengan TNI/Polri membantu tugas badan Karantina. Kegiatan sosisalisasi pada kesempatan kali ini sangatlah penting diikuti oleh seluruh aparat TNI/Polri yang ada di wilayah Perbatasan agar integritas hubungan kerjasama antara Karantina Pertanian dengan TNI/Polri lebih baik lagi guna kelancaran pelaksanaan tugas di lapangan.

Kepala BPKLN Provinsi Papua Suzanna Wanggai juga menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi Papua mengucapkan apresiasi kepada Karantina Pertanian serta TNI/Polri karena kegiatan tersebut merupakan forum yang sangat penting guna terwujudnya hubungan kerjasama yang baik dengan saling memberikan informasi yang dapat membahayakan SDA maupun SDM Negara. Karena wilayah perbatasan merupakan daerah yang rawan masuknya segala macam penyakit, pelanggaran-pelanggaran sehingga semua masyarakat yang berada di perbatasan harus ikut serta dalam mengawasi, menjaga dan melindungi sumber hayati Negara Indonesia.

“Oleh karena itu kami sampaikan kepada semua masyarakat bahwa bukan saja pihak Karantina maupun TNI/Polri yang bertanggung jawab atas kelestarian SDA Papua tetapi itu merupakan tanggung jawab kita semua.” Ujarnya.

Kegiatan sosialisasi dibuka dengan pemukulan tifa oleh Letkol Inf C.D.B. Andries, SH, dilanjutkan dengan pemberian cinderamata oleh Kepala Badan Karantina Pertanian Kelas I Jayapura kepada Kepala BPKLN Provinsi Papua dan Kasrem 172/PWY.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Badan Karantina Pertanian Kelas I Jayapura Drh. L.M. Mastari, MM, Kasubid Kepatuhan Balai Karantina Pertanian Pusat Drh. Doni M, M.Si, Kepala BPKLN Provinsi Papua Suzanna Wanggai, Kasrem 172/PWY Letkol Inf C.D.B. Andries, SH, Danyon 122/Tombak Sakti, Letkol Inf Kohir, Wadan Yonif Linud 700/Raider Mayor Inf Samsul, Kasiops Korem 172/PWY Mayor Inf Tunggul, Kasi Korwas PPNS Polda Papua Kompol P. Harahap, Kapolsek Muara Tami Kompol M. Yusuf, Danramil 1701-22/Muara Tami Kapten Inf Suhardi Kadir, perwakilan Lantamal X Jayapura Lettu Ronald, Kepala Seksi Pengawasan Karantina Pertanian Kelas I Jayapura Boas Henry L, Kasi Pengawas Pelintas Batas Kantor Imigrasi Kelas I Jayapura Rita Nahamuri. (Prd/Cen).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kostrad Puspen TNI Kodam IX/Udayana Dinas Penerangan Artikel Tips Kesehatan Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kerjasama Badan Karantina di Wilayah Perbatasan RI-PNG