TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodam II/Swj Teken MoU Restorasi Gambut Dan Pencegahan Karhutla

By 10 Aug 2016 06:21Kodam II/Sriwijaya
10 Agustus 2016 C

Palembang, Kodam II/Swj melakukan penandatanganan kerjasama restorasi gambut dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan Tim Restorasi Gambut Sumatera Selatan bertempat di Hotel Arya Duta, Palembang, Selasa (9/8/2016).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Koordinator Tim Restorasi Gambut Sumsel dan Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arif Wibowo, yang disaksikan langsung dan diketahui oleh Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Sudirman SH, MM dan Sekretaris Badan Restorasi Gambut (BRG), Ir. Hartono Prawiraatmadja, M.Sc.

Dalam kesempatan penandatanganan MoU dan sosialisasi restorasi gambut Provinsi Sumsel tersebut, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Sudirman, ketika memberikan sambutan mengatakan bahwa penandatanganan Nota Kesepahaman merupakan suatu hal yang sangat penting dilakukan guna mengetahui dan memahami peran kedua belah, sehingga dalam pelaksanaannya tidak menyimpang dari aturan dan ketentuan yang telah disepakati.

Terkait dengan langkah-langkah antisipasi agar tidak terulangnya kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Sumbagsel, Mayjen TNI Sudirman menegaskan bahwa Kodam II/Swj siap membantu tugas pemerintah daerah (Pemda) dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, dengan memberdayakan seluruh potensi yang dimiliki. “Kodam II/Swj dan satuan jajarannya siap mendukung sepenuhnya baik personel, materiil maupun dukungan lainnya, sesuai kebutuhan dan kesepakatan,” tandas Pangdam II/Swj.

Pangdam juga menjelaskan bahwa, Sumsel merupakan provinsi yang sering mengalami kebakaran hutan dan lahan ketika memasuki musim kemarau. “Lahan gambut yang rawan terbakar saat kemarau yakni kabupaten OKI , Muba, Banyuasin dan Musi Rawas.

“Tidak hanya BRG, pemerintah dan TNI saja dalam mengatasi karhutla tetapi juga butuh dukungan dari semua pihak. “Kita semua terlibat dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan persoalan ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam II/Swj, menyampaikan apresiasinya atas terwujudnya MoU tersebut dan kepercayaan yang diberikan BRG Sumsel serta masyarakat kepada Kodam II/Swj dalam rangka percepatan pemulihan kawasan dan pengembalian fungsi hidrolis gambut akibat Karhutla.

Kegiatan sosialisasi yang dibuka Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin, juga dihadiri para Asisten Setda Provinsi Sumsel, Tim Ahli Restorasi gambut Sumsel, Kepala Dinas terkait, Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian dan Ogan Ilir, Ilyas Panji Alam, dan perwakilan kabupaten Musi Banyuasin, OKI, Muara Enim dan Musi Rawas.para Dandim dan Kapolres serta para stakeholder terkait. (Pendam II/Swj).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodam II/Swj Teken MoU Restorasi Gambut Dan Pencegahan Karhutla