TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodam II/Swj Terus Genjot Target Cetak Sawah Baru

By 22 Aug 2016 09:45Kodam II/Sriwijaya
22 Agustus 2016 B

Palembang – Dalam upaya mendukung program pemerintah mewujudkan swasembada pangan, khususnya di wilayah Sumbagsel, Kodam II/Swj dan satuan jajarannya terus bekerja keras untuk mencapai target cetak sawah baru, seluas 23.840 hektar.

Terkait hal tersebut, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Marga Taufiq S.H, MH, dengan didampingi Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki, Aster Kasdam II/Swj Kolonel Inf Denny Marthen Rihi dan Kazidam II/Swj Kolonel Czi Irfan Affandi, Minggu (21/8/2016) melaksanakan peninjuan lokasi cetak sawah baru di Kec. Rumbia – Lampung Tengah. Dari hasil peninjauan lapangan di wilayah tersebut, dilaporkan bahwa capaian sawah baru yang sudah berhasil dicetak seluas 307 hektar dari target 445 hektar (69 %).

Dalam kesempatan tersebut, Kasdam II/Swj beserta rombongan selain meninjau lokasi cetak sawah baru juga menerima paparan dari Dandim 0411/Lampung Tengah, dan melaksanakan pertemuan/berdialog dengan Poktan (Kelompok Tani), sekaligus untuk memberikan motivasi kepada para pelaksana di lapangan. Selesai melanjutkan peninjauan di Kab. Lampung Tengah, Kasdam II/Swj beserta rombongan, Senin (22/8/2016) melanjutkan peninjauan di wilayah Kab. Tubaba Lampung.

Seperti diketahui, bahwa pada tahun 2016 ini, pemerintah melalui Kementerian Pertanian bekerjasama dengan TNI AD melaksanakan program Cetak Sawah baru kurang lebih seluas 200.600 hektar di sejumlah wilayah tanah air, yang dikerjakan oleh Ditziad dan jajaran Kodam di tanah air, termasuk di wilayah Kodam II/Swj.

Kapendam II/Swj Kolonel Arh Syaepul Mukti Ginanjar, S.I.P menjelaskan bahwa untuk wilayah Kodam II/Swj, program cetak sawah baru TA. 2016 ini, ditargetkan seluas 33.440 hektar, terdiri dari 23.840 hektar yang dikerjakan oleh Kodam II/Swj dan 9.600 hektar oleh Ditziad. Program cetak sawah baru yang dilakukan secara bertahap ini dimaksudkan untuk mengganti sejumlah sawah yang terkena alih fungsi dalam upaya mewujudkan swasembada pangan, sehingga pada gilirannya akan mampu mewujudkan swasembada pangan nasional.

Pada TA. 2016 ini, sambung Kapendam II/Swj, Kodam II/Swj terus mengenjot pencapaian target cetak sawah baru, seluas 23.840 hektar yang tersebar di berbagai Kabupaten di wilayah Sumbagsel, yakni Kab. Kaur Bengkulu, Kab. OKI, OKU, OKU Timur, Pali dan Mura Provinsi Sumsel, Kab. Bangka Selatan Prov. Babel, Kab. Lampung Tengah dan Tulang Bawang Barat Prov. Lampung.

“Kodam II/Swj dan jajarannya berkomitmen untuk tetap dan terus membantu Pemda dalam program swasembada pangan berkelanjutan dan mencapai target pekerjaan pencetakan sawah baru yang telah ditentukan yaitu 23.840 hektar”, tandasnya. (Pendam II/Swj).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodam II/Swj Terus Genjot Target Cetak Sawah Baru