Skip to main content
Kodam Jaya

Lagi, Putra Terbaik Bangsa Berhasil Taklukan Mount Everest Sambut HUT Kemerdekaan RI ke 71

Dibaca: 17 Oleh 16 Agu 2016Agustus 29th, 2016Tidak ada komentar
TNI Angkatan Darat
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Di HUT Kemerdekaan RI ke 71 ini Bangsa Indonesia turut berbangga dengan Putra terbaiknya telah berhasil taklukan Mount Everest gunung tertinggi di dunia Everest di tahun 1997 dengan mengibarkan bendera merah putih, tak lepas dari peran dari Komandan Korem 052/Wkr Kolonel Inf Iwan Setiawan yang kala itu pimpinan Tim Selatan.

Dengan semangat baja dan sikap pantang menyerah, Kolonel Inf Iwan Setiawan memimpin anggotanya terus mendaki puncak dan akhirnya berhasil menjejakkan kaki di gunung berjulukan atap dunia bersama Pratu Asmujiono dan Sersan Misirin. Prestasi inilah mengukuhkan ketiganya sebagai anggota militer pertama di dunia yang berhasil menaklukkan puncak Everest. Mount Everest ini sangat ekstrim dan jarang ada yang bisa mencapai puncak tertinggi di dunia ini.

Waktu itu, Kolonel Inf Iwan Setiawan masih berusia 29 tahun dengan pangkat Lettu. Lewat seleksi yang sangat ketat,Pak Iwan berhasil masuk jajaran anggota Ekspedisi Mount Everest yang akan disiapkan untuk menaklukkan gunung tertinggi di dunia. Bahkan, Iwan terpilih menjadi pimpin Tim Selatan.

Baca juga:  Babinsa Koramil Menteng Lerai Keributan Antar Kelompok Bermotor

“Ekspedisi Mount Everest memang terbagi menjadi 2 tim atau kelompok yakni Selatan dan Utara. Sesuai namanya, masing-masing tim mendaki Everest lewat jalur Selatan (Nepal) dan Utara (Tibet),” kata Kolonel Inf Iwan Setiawan usai pembukaan Pameran Alutsista di Living World Alam Sutera, Tangerang, Sabtu (13/8/16)

Menurut Kolonel Inf Iwan Setiawan , persiapan ekspedisi terhitung cukup singkat, hanya dengan waktu 3,5 bulan di bawah pengawasan pelatih asal Rusia. Sebelumnya, anggota tim disaring melalui seleksi ekstra cukup ketat antara lain mendaki gunung Gede dan Gunung Putri, renang, dan lari sprint naik-turun tangga.

“Suhu di Everest menyentuh titik -50 derajat celcius saat para anggota ekspedisi melakukan pendakian yang memakan waktu 5 hari itu. Hasilnya, sudah kita ketahui bersama. Merah Putih berhasil kita kibarkan di puncak Everest dan seluruh anggota Ekspedisi Mount Everest pulang dengan selamat. Indonesia tercatat sebagai negara pertama di dunia yang personil militernya sukses menaklukkan Everest dan berkat dukungan doa serta semangat akhirnya tim ekspedisi kita taklukan. Saya mendapatkan penghargaan bintang jasa tanda kehormatan dari bapak Presiden Soeharto,” kenangnya.

Baca juga:  TIM PETEMBAK KODIKLAT TNI AD ASAH KEMAMPUAN DI PT.PINDAD (Persero)

⁠⁠⁠⁠Autentikasi : Kapendam Jaya Kolonel Inf Heri Prakosa Ponco Wibowo

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel