TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pancasila is Me Bicara Nilai-Nilai Kebangsaan Melalui Foto

By 18 Aug 2016 14:21Kostrad
18 Agustus 2016 K

Pancasila Is Me

(Penkostrad. Kamis, 18 Agustus 2016). Globalisasi memberikan beragam dampak pada generasi muda, termasuk menurunnya pemahaman dan pengenalan sejarah bangsa. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang lahir melalui sejarah yang panjang pun kini cenderung kurang memberikan dampak bagi generasi muda. Padahal, nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila bermakna sangat dalam mewarnai semua sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.


KOSTRAD dan Masyarakat Pancasila (MP) memandang perlu betapa generasi muda bisa memaknai kehidupan mereka melalui sila – sila yang terkandung dalam Pancasila. Salah satu wahananya adalah melalui karya seni fotografi. Mengambil tema ‘Pancasila Is Me’, lomba fotografi yang digelar oleh KOSTRAD dan Masyarakat Pancasila ini ingin semakin menggelorakan semangat Pancasila pada generasi muda.

“Anak muda sekarang sangat kreatif dan punya beragam hasil karya yang membanggakan. Melalui fotografi, mereka bisa memotret beragam isu kemajemukan yang sesungguhnya menjadi ruh dari Pancasila,” kata Kapen KOSTRAD Letnan Kolonel Inf Agus Bhakti, S.I.P.

Peserta lomba yang membidik kalangan pelajar, mahasiswa dan umum ini boleh memilih sila mana saja pada Pancasila yang merepresentasikan kehidupannya, lalu diwujudkan dalam bentuk foto. Pengiriman hasil karya foto mulai dibuka 18 Agustus hingga 25 September 2016. Peserta diwajibkan mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah hasil karyanya pada website www.masyarakatpancasila.or.id.

“Harapan kami tentu saja lomba ini akan memberikan angin segar tentang bagaimana generasi muda kita saat ini memaknai Pancasila, mulai dari bagaimana mereka melihat kerukunan beragama, pentingnya persatuan dan musyawarah, juga seperti apa keadilan sosial di mata mereka,” ujar Takwa Fuadi, Presidium Masyarakat Pancasila.

Lomba foto bertema ‘Pancasila Is Me’ ini memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah dan akan diseleksi oleh juri dari kalangan profesional, yaitu Arbain Rambey (fotografer senior harian Kompas), Kristupa Saragih (fotografer profesional) dan Letnan Kolonel Inf Agus Bhakti, S.I.P. (KOSTRAD) .

“Kami mengajak semua lapisan masyarakat ikut serta dalam lomba ini, karena bukan hanya bisa mengekspresikan diri tapi juga karena Pancasila itu milik kita bangsa Indonesia,” pungkas Kapen KOSTRAD Letnan Kolonel Inf Agus Bhakti, S.I.P.

Tentang Penyelenggara

KOSTRAD : Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (KOSTRAD) yang lahir pada 6 Maret 1961 merupakan wujud nyata dari rencana dan harapan pimpinan TNI/ TNI-AD dalam membentuk Satuan Cadangan Strategis TNI/TNI-AD yang bersifat mobile dan memiliki kemampuan operasional lintas udara serta siap ditugaskan ke seluruh wilayah nusantara dalam rangka menjaga dan menjamin pertahanan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Website resmi KOSTRAD http://kostrad.mil.id/

Masyarakat Pancasila : Merupakan komunitas berbadan hukum yang diprakarsai barisan muda pecinta Pancasila dari berbagai profesi, yang berniat mengembalikan nilai Pancasila sebagai dasar, cara kerja dan tujuan gerakan. Bentuk gerakan Masyarakat Pancasila (MP) adalah pendidikan kaderisasi, serta beragam kajian yang bermanfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Website resmi Masyarakat Pancasila http://masyarakatpancasila.or.id/

Autentikasi :
Kapen Kostrad, Letnan Kolonel Inf Agus Bhakti, S.I.P.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pancasila is Me Bicara Nilai-Nilai Kebangsaan Melalui Foto