TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam II/Swj Bekali Wawasan Kebangsaaan Kepada Peserta Paskibraka

By 04 Aug 2016 08:42Kodam II/Sriwijaya
IMG-20160803-WA0034
Palembang, (Pendam II/Swj).
 
            Pangdam II/Swj Mayjen TNI Sudirman S.H, M.H, Rabu (3/8/2016) menerima kunjungan 50 peserta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Sumsel beserta 22 orang pendamping yang dipimpin oleh Kadispora Provinsi Sumsel Bpk. H. Ahmad Yusuf Wibowo, bertempat di gedung Jenderal Sudirman Makodam II/Swj Palembang.
 
            Pangdam II/Swj dengan didampingi Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo S.Ip, Aster Kasdam II/Swj Kolonel Inf Denny Marthen Rihi, dan sejumlah pejabat Kodam II/Swj menyambut baik kunjungan peserta Paskibraka beserta para pendampingnya.
Pangdam II/Swj dalam sambutannya mengharapkan agar para peserta Paskibraka dapat memanfaatkan kesempatan kunjungan dan pelatihan Paskibraka  dengan sebaik-baiknya, sebagai wahana untuk menambah wawasan dan pengetahuan, wahana untuk menempa dan membekali diri dalam menyongsong masa depan yang penuh dengan tantangan dan persaingan, sekaligus  dimanfaatkan untuk menumbuhkan  rasa  cinta  tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin  pada Pancasila sebagai ideologi Negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kesiapan psikis dan fisik untuk melakukan upaya bela Negara.
            “Manfaatkan kesempatan pelatihan yang diberikan pelatih maupun pembina dengan sebaik-baiknya, penuh rasa tanggung jawab dan semangat yang tinggi. Saya yakin dan percaya, bahwa kalian bisa, harus bisa dan pasti bisa”, tandas Abituren Akabri 1986 tersebut
 
            Dalam kesempatan tersebut Mayjen TNI Sudirman juga menyampaikan materi ceramah dengan judul “Karakter Bangsa dari Perspektif Wawasan Kebangsaan dalam mewujudkan Ketahanan Nasional”.
 
            Dijelaskan oleh Pangdam II/Swj bahwa wawasan kebangsaan sangat diperlukan bagi bangsa Indonesia, agar menjadi bangsa yang kuat, bersatu dan berdaya saing tinggi, terjaga sejarah dan kecintaan kepada tanah air, sebagai revitalisasi dan reaktualisasi nilai-nilai luhur Pancasila, untuk meredam primordial, kesukuan dan mencegah disintegrasi bangsa serta untuk meningkatkan deterrent effect.
 

            Untuk membangun karakter bangsa, sambung Pangdam II/Swj yang perlu dilakukan antara lain adalah meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, bangga sebagai bangsa Indonesia, menjaga solidaritas sosial dan toleransi beragama, memajukan bangsa dengan  karya, berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, menjaga dan melestraikan budaya bangsa,  menanamkan disiplin dan tanggung jawab, berprestasi serta cinta tanah air dan bela negara.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam II/Swj Bekali Wawasan Kebangsaaan Kepada Peserta Paskibraka