TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pasis Dikreg XLIII Sesko TNI Kunjungi Makodam VI/Mlw

By 02 Aug 2016 10:23Kodam VI/Mulawarman
20160802a

 

Balikpapan (01/08),  Sebanyak 37 Perwira dan siswa Dikreg XLIII Sesko TNI TA 2016,  mengadakan kunjungan kerja ke Kodam VI/Mulawarman dalam rangka pelaksanaan Geladi Waskita Dharma Dikreg XLIII Sesko TNI Ta 2016 yang berlangsung di Aula Makodam VI/Mlw Balikpapan yang berlangsung selama 5 hari yang dibuka Senin, 1  Agustus 2016.
Ke-37 Orang Perwira Dikreg XLIII Sesko TNI TA. 2016 terdiri dari 30 orang Pasis Dikreg XLIII Sesko TNI, 5 orang Perwira Pembimbing, 1 orang Perwira Dosen Sesko TNI/Sekretaris, 1 orang Pati selaku Penasehat/Ketua Rombongan. 
 
Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Johny L. Tobing dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Irdam VI/Mlw Kolonel Kav Ana Supriatna, S.I.P., M. Si., menyampaikan selamat datang serta terima kasih atas dipilihnya wilayah Kodam VI/Mulawarman sebagai salah satu tempat pelaksanaan Geladi Waskita Dharma bagi  Siswa Sesko TNI Dikreg XLIII.    
 
Pangdam VI/Mlw menjelaskan bahwa Kodam VI/Mulawarman Sebagai kompartemen strategis, memiliki tugas  dan tanggung jawab menegakkan, mempertahankan dan melindungi NKRI dari berbagai bentuk gangguan baik dari  dalam maupun dari luar negeri. Adapun tanggung jawab Kodam VI/Mulawarman mencakup Tiga wilayah Provinsi yaitu Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.
 
Selain itu Kodam VI/Mulawarman juga mempunyai wilayah perbatasan  langsung Malaysia yang terbentang di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara sepanjang ± 1.038 km, meliputi Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Mahakam Hulu dengan 37 Pos tergelar sepanjang perbatasan antara kedua negara.
Wilayah perbatasan  ini merupakan pintu gerbang keluar masuk menuju kedua Negara baik secara resmi maupun yang tidak resmi. Hal ini akan berpengaruh terhadap  dinamika perkembangan kehidupan sosial kemasyarakatan.
 
Sementara itu Dansesko TNI Letnan Jenderal TNI Agus Sutomo, S.E. melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Ketua Tim Siswa Sesko Dikreg XLIII Brigjen TNI D. Harahap antara lain menjelaskan bahwa, perwira Siswa Dikreg XLIII Sesko TNI Ta 2016 ini seluruhnya berjumlah 146 siswa terdiri dari 136  Perwira TNI, 4 Siswa Polri, 6 siswa perwira Negara sahabat, namun tidak diikutsertakan dalam kegiatan gelada ini.
Selanjutnya perwira TNI Polri dibagi menjadi empat kelompok yang secara simultan melaksanakan geladi selain di Kodam VI/Mlw, Kodam IX/Udayana, Koarmatim dan Koopsau II. 
Acara Geladi Waskita Dharma Direg XLIII Sesko TNI Ta 2016  yang dibuka di Makodam VI/Mlw ini ditinjau langsung oleh Dansesko TNI Letnan Jenderal TNI Agus Sutomo, S.E.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pasis Dikreg XLIII Sesko TNI Kunjungi Makodam VI/Mlw