TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pelatihan bertema “Bela Negara, Bela Media”

By 27 Aug 2016 18:45Kodam IV/Diponegoro
DSCF7577_7
Kodim 0729/ Bantul bekerjasama dengan Gong of Asia, Kedaulatan Rakyat, Beranda Jogja, serta Bias Advertising telah menyelenggarakan pelatihan bela negara yang bertempat di Aula Kodim 0729/ Bantul Yogyakarta. Pelatihan bertemaBela Negara, Bela Media” dan bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat khususnya anak muda terhadap pertahanan negara ini dihadiri oleh 64 peserta, 3 Pemateri.  26 peserta pelatihan adalah murid SMA, dan sisanya adalah Menwa dari berbagai perguruan tinggi.
            Acara di mulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang di pimpin oleh perwakilan menwa dari Universitas Mercu Buana. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Dandim 0729/ Bantul Letkol Inf Agus Widianto.  Dalam sambutannya, Letkol Agus menyampaikan bahwasanya melalaui pelatihan ini pemuda mengerti dan memahami bagaimana memanfaatkan media secara efektif dan konstrutif guna melindungi pertahanan bangsa dan negara.
            Materi pertama disampaikan oleh Letkol Inf Agus Widianto yang bertemakan “Wawasan Kebangsaan”. Materi berisikan pengetahuan kebangsaan sebagai konsepsi politik dan kenegaraan  serta manifestasi pemikiran politik bangsa Indonesia. Beliau menyebutkan, bahwasanya  sebagai satu kesatuan negara kepulauan, geopolitik Indonesia dituangkan dalam salah satu doktrin nasional yang disebut Wawasan Nusantara.
            Selanjutnya materi disampaikan oleh Dimas Wicaksono selaku BOD Gong Of Asia. Beliau menyampaikan materi tentang penerapan etika dalam penggunaan media sosial. Menurut pandangan beliau penggunaan media sosial harus dibarengi dengan penerepan etika supaya konten yang diisikan dalam media sosial tidak menyimpang dari norma serta aturan yang ada di masyarakat. Beliau juga menyampaikan bahwa penerapan etika dalam penggunaan media sosial dapat memberikan cerminan baik terhadap negara yang bersangkutan.
            Materi ketiga disampaikan oleh Arvin Renaldi Putra selaku CEO Bias Advertising yaitu strategi bisnis media. Beliau menyampaikan bagaimana memanfaatkan media dengan benar sehingga menghasilkan peluang dalam bidang ekonomi. Materi terakhir disampaikan oleh Krisno Wibowo dari Swara Kampus dan Kedaulatan Rakyat. Beliau menyampaikan tentang  bagaimana penerapan bela negara melalui jurnalistik.
            Pelatihan ditutup dengan penutupan yang disampaikan oleh Letkol Inf Agus Widianto. Beliau berharap melalui setelah pelatihan ini selesai, apa yang didapatkan selama pelatihan dapat diwujudkan dalam tindakan yang konkret.
POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam V/Brawijaya Kodam IX/Udayana Puspen TNI Kodam II/Sriwijaya Dinas Penerangan Artikel Tips Kesehatan Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pelatihan bertema “Bela Negara, Bela Media”