TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Bina Preman Untuk Turunkan Kriminalitas

By 27 Aug 2016 18:40Kodam II/Sriwijaya
bina1

Pangkal Pinang (Jumat, 26/08/2016), – Untuk menekan angka kriminaitas Koramil 14/Pangkalpinang II Bukit Intan melakukan kegiatan pembinaan terhadap pemuda pengangguran yang ada diwilayahnya. Danramil 14, Kapten Arh Daniel BG bersama anggotanya mengumpulkan beberapa orang warga yang selama ini dianggap sering meresahkan masyarakat khususnya masyarakat kelurahan Semabung dan sekitarnya.

Warga yang selama ini merasa resah dengan adanya oknum-oknum pemuda yang suka meminta jatah preman/uang di data dan dikumpulkan di Koramil untuk menerima bimbingan. Hal ini dilakukan agar oknum-oknum pemuda pengangguran tersebut tidak melakukan aksi premanisme di wilayah Semabung. Bimbingan juga dilakukan dengan tujuan untuk mengajak pemuda-pemuda tersebut lebih kreatif dan mampu berusaha secara mandiri mencari nafkah sehingga tidak mengganggu dan meresahkan masayarakat.

Hasil dari pendataan yang dilakukan oleh Koramil 14 ditemukan 6 orang pemuda yang diduga sering melakukan aksi premanisme dan meresahkan masyarakat. Aksi premanisme yang mereka lakukan, sebagian besar dilatarbelakangi karena masalah ekonomi.

Dalam bimbingannya, Danramil 14 menyampaikan bahwa tindakan yang mereka lakukan selama ini sangat meresahkan masyarakat. “Kalian harus cari dan menambah pengetahuan untuk bisa mencari nafkah sendiri, atau kalau perlu kalian bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri agar mempunyai masa depan yang cerah”, kata Danramil 14 yang sebelum melakukan kegiatan ini mendapat pembekalan terlebih dahulu dari Dandim 0413/Pangkal Pinang Letkol Inf Daniel SP Lumbanraja.

Dalam kegiatan bimbingan tersebut, Danramil 14 juga memberi kesempatan untuk tanya jawab dan memberi kesempatan kepada para pemuda, untuk menyampaikan kesulitannya. Dari acara tersebut diketahui bahwa para pemuda selama ini melakukan pekerjaan secara serabutan dan mereka berharap agar Koramil mampu menampung aspirasinya untuk dapat pekerjaan yang layak sesuai dengan kemampuannya.  “Kerja apa saja lah pak yang penting dapat duit untuk makan sehari hari”, tanya salah satu pemuda yang mengikuti bimbingan di Koramil 14. Melihat kegiatan ini diharapkan adanya sinergitas antara seluruh aparat dan pemerintah daerah terutama Dinas Sosial Kota Pangkal Pinang dalam menekan angka kriminalitas yang disebabkan premanisme.(Rh)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam XVI/Patimura Puspen TNI Kodam Iskandar Muda
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bina Preman Untuk Turunkan Kriminalitas