TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pramuka Saka Wira Kartika Waghete Siap Ikuti Jambore Nasional

By 03 Aug 2016 06:56Kodam XVII/Cenderawasih
3 Agustus 2016 B

Deiyai – Bertempat di SMA Negeri I Tigi Kab. Deiyai, Pramuka Saka Wira Kartika Ranting 03 Koramil Waghete yang berjumlah 16 orang terdiri dari 8 putra dan 8 putri melaksanakan latihan dalam rangka mempersiapkan diri mengikuti pesta Jambore tingkat Nasional di Jakarta. Kegiatan latihan dibuka oleh Ketua Kwarcab Kab. Deiyai Felix Tekege, S.Sos, dan sebagai pelatih kegiatan adalah Bati Tuud Koramil 03/Waghete Peltu Elyas Pakage, Senin (01/08).

Adapun unsur Pembina yang akan ikut mendukung dalam kegiatan Jambore Nasional yaitu dari Kwarcab 8 orang, unsur DKC 11 orang, tenaga medis 1 orang, Dokumentasi 1 orang dan pengamanan 1 orang. Tangsei terpilih menjadi duta Pramuka mengikuti Jambore Nasional X di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, mulai 14-21 Agustus 2016 mendatang.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 1 minggu dengan mengambil materi mulai dari dasar-dasar kepramukaan, pengenalan atribut pramuka, Peraturan Baris Berbaris, Kolone tongkat, pertolongan pertama pada kecelakaan, cara pembuatan MCK, pengenalan kompas, mengesan jejak sampai dengan penanggulangan bencana alam.

Para peserta Saka Wira Kartika sangat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan, karena para peserta ini merupakan perwakilan dari Kab. Deiyai. Para peserta harus bisa menjaga nama baik daerahnya dan mengharumkan nama Kabupaten Deiyai.

“Anak-anak mempunyai motivasi yang tinggi dalam berlatih, seperti yang diketahui bahwa masing-masing anak berasal dari wilayah yang berbeda di Kab. Deiyai, untuk itu mereka saling menunjukkan semangat masing-masing dalam latihan dan membawa nama baik wilayahnya,” ujar Elyas.

Tantangan generasi muda di masa mendatang semakin kompoleks, tetapi dengan keikutannya dalam kegitan kepanduan diharapkan dapat menjadi modal dalam menghadapi berbagai tantangan untuk meraih cita-cita yang lebih baik dimasa mendatang.

“Mereka yang terpilih merupakan kader Penggalang yang terbaik hasil seleksi yang dilakukan beberapa waktu yang lalu dari berbagai sekolahan di Kab. Deiyai. Dari 16 pelajar di Kabupaten Deiyai seluruhnya berharap, hasil pelatihan dan kegiatan selama ini dapat menjadi bekal dalam kegiatan Jambore Nasional 2016,” tutup Elyas. (Prd/Cen).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pramuka Saka Wira Kartika Waghete Siap Ikuti Jambore Nasional