Skip to main content
Kostrad

Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 321 Kostrad Beri Penyuluhan Kesehatan Siswa Perbatasan

Dibaca: 1 Oleh 16 Agu 2016Agustus 29th, 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

(Penkostrad. Selasa,16 Agustus 2016). Satuan tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-RDTL, Sektor Barat Yonif Raider 321/Galuh Taruna (GT) Kostrad, melakukan penyuluhan kesehatan untuk 153 siswa-siswi SMP Negeri Wini di daerah perbatasan, persisnya di Dusun Wini, Desa Humusu C, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Penyuluhan kesehatan ini diberikan oleh tenaga kesehatan dari Satgas, yaitu dokter Satgas Lettu CKM dr. Andrea, Komandan Peleton Kesehatan (Dantonkes) Letda CKM Sunartyanto dan Bintara Kesehatan (Bakes) Sertu Iwan.

Sebelum penyuluhan kesehatan dimulai, diawali dengan perkenalan, pemberian yel-yel, penggalian minat dan cita-cita serta pemutaran film motivasi dengan harapan agar para siswa antusias mengikuti kegiatan penyuluhan tersebut.

“Penyuluhan kesehatan ini lebih menekankan agar siswa-siswi menjaga kesehatan seperti tidak merokok, minum minuman keras dan menjauhi narkoba serta seks bebas yang akan berakibat pada penyakit sipilis dan HIV AIDS,” ujar Lettu CKM dr. Andrea.

Terlihat para siswa antusias mengikuti acara penyuluhan kesehatan tersebut, agar tidak bosan dan jenuh penyuluhan diselingi dengan permainan game dan sesi tanya jawab serta pemberian hadiah bagi siswa yang bisa menjawab dengan baik pertanyaan dari tim penyuluh, maupun bisa mengajukan pertanyaan mengenai materi yang dibawakan oleh tenaga kesehatan dari Satgas.

Baca juga:  Peningkatan Kualitas SDM di wilayah Perbatasan oleh Satgas Yonif 500/R

Kegiatan penyuluhan ini diapresiasi oleh Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Cunelis Salu, karena kegiatan penyuluhan kesehatan ini merupakan yang pertama kali sehingga menjadikan kesan tersendiri bagi siswa-siswi SMP Negeri Wini. Penyuluhan kesehatan itu diakhiri dengan acara ramah tamah bersama di aula SMP Negeri Wini.

“Kegiatan ini merupakan program Satgas dan akan terus dilaksanakan terutama sekolah sekolah dekat dengan perbatasan,” tambah dokter Satgas, Lettu CKM dr. Andrea.

Autentikasi :
Kapen Kostrad, Letnan Kolonel Inf Agus Bhakti, S.I.P.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel