TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 321 Kostrad Gelar Pengobatan Massal

By 02 Aug 2016 16:03Kostrad
321 pengobatan gratis 2-8-16 (10)(1)

 

(Penkostrad. Selasa, 2 Agustus 2016).  Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 321/ Galuh Taruna (GT) Kostrad yang bermarkas di Tenjolayar, Kecamatan Cigasong,  Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL dibawah pimpinan Letkol Inf M. Ghoffar Ngismangil sebagai Komandan Satgas (Dansatgas) menggelar pengobatan massal, di Kampung Nitous, Kec. Noemuti, Kab TTU, NTT.
Dansatgas Pamtas RI-RDTL Letkol Inf M. Ghoffar Ngismangil saat meninjau kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat perbatasan dan salah satu upaya teritorial dari Satgas Pamtas RI-RDTLYonif Raider 321 Kostrad. “Satgas akan memberdayakan semaksimal mungkin tenaga kesehatan dan obat-obatan yang dimiliki untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat disini,” ujarnya.
“Kegiatan ini rencananya akan diadakan secara rutin dan terus menerus, bahkan prajurit Yonif Raider 321 Kostrad melakukan kunjungan “door to door” ke rumah masyarakat-masyarakat yang sakit berat yang tidak bisa hadir ke tempat pengobatan massal. Hal ini merupakan salah satu model kegiatan sebagai perwujudan kemanunggalan TNI dan rakyat serta usaha menyukseskan program serbuan teritorial yang telah dicanangkan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo”. Tegas Letkol Inf M. Ghoffar Ngismangil.
Sementara itu, Lettu Ckm dr. Andrea selaku Dokter Satgas Yonif Raider 321/Kostrad yang memimpin kegiatan pengobatan massal dengan dibantu oleh Tim Kesehatan Satgas bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten TTU dan tim kesehatan Puskesmas Noemuti mengatakan bahwa, kegiatan ini diikuti oleh 61 pasien dari berbagai usia, untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan serta pengobatan gratis dari Tim Kesehatan.
“Sebagian besar penyakit yang diderita oleh masyarakat adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan), nyeri pada persendian, nyeri kepala, demam, gatal-gatal serta luka-luka. Sebagian besar masyarakat tingkat kesadarannya masih kurang terhadap pentingnya higienitas diri serta sanitasi lingkungan, sehingga mereka dengan mudah terkena penyakit,” ujar Lettu Ckm dr. Andrea selaku Dokter Batalyon Raider 321 Kostrad.
Di tempat yang sama, Tokoh Masyarakat dan Agama di wilayah Kampung Nitous mengatakan bahwa kehadiran Pasukan TNI yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-RDTL  Yonif Raider 321 Kostrad sangat membantu keberadaannya di tengah-tengah masyarakat, baik itu pelaksanaan pengobatan gratis sampai pembangunan dan perbaikan fasilitas kesehatan.  “Terima kasih banyak kepada Komandan Batalyon dan prajurit Yonif Raider 321 Kostrad yang telah banyak membantu masyarakat, pasukan Yonif  Raider 321 Kostrad sangat mengesankan, dimana keramahan, dan berbagai upaya bantuan yang diberikan sangat membantu kami disini,” tuturnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 321 Kostrad Gelar Pengobatan Massal