TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgas Pamtas Yonif 407/PK Melaksanakan Patroli Patok Batas RI-PNG Bersama BPPD Merauke

WhatsApp Image 2016-08-29 at 08.26.49

Sebanyak 15 patok perbatasan RI-PNG yang menjadi tanggung jawab Satgas Pamtas Yonif 407/Padmakusuma tergelar mulai dari Pos Makadi MM 11.6 sampai dengan Pos Kondo MM 14. Untuk mencapai patok perbatasan, sebagian melalui rawa dan sungai. Terdapat beberapa patok pada saat musim penghujan terendam air untuk memberi tanda posisi patok tersebut, ditancapkan tiang bendera merah putih di samping patok tersebut.

Patroli patok rutin dilaksanakan oleh Pos Satgas Pamtas Yonif 407/PK. Baru-baru ini Tim dari Badan Pengelola Perbatasan Daerah Kabupaten Merauke (BPPD) bersama-sama anggota Pos Toray melaksanakan patroli patok MM 12.1 dan MM 12.2 Distrik Sota dilanjutkan dengan pembersihan lingkungan sekitar patok batas. Pada saat pelaksanaan patroli menuju patok batas, sambil mengecek rute-rute yang sering dilalui oleh masyarakat berburu di sekitar perbatasan untuk mengantisipasi terjadinya pelintas batas ilegal.

“Patroli patok batas dilaksanakan sekaligus memeriksa rute atau ‘jalur tikus’ yang sering dilalui oleh masyarakat untuk berburu di sekitar perbatasan guna mengantisipasi terjadinya pelintas batas ilegal,” jelas Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK, Letkol Inf Abi Kusnianto.

Di dalam kesempatan itu, tim dari BPPD yang dipimpin oleh Paino, S.IP. mengapresiasi bantuan dan kerja sama dari Satgas Pamtas Yonif 407/PK yang ikut serta dalam patroli dan pembersihan patok batas negara. Ke depan diharapkan semakin terjalin kerjasama dalam pengamanan maupun pengelolaan perbatasan di wilayah Kabupaten Merauke. “Saya mewakili Tim dari Badan Pengelola Perbatasan Daerah Kabupaten Merauke mengucapkan terima kasih atas respon positif Satgas Pamtas Yonif 407/PK yang selama ini melaksanakan patroli rutin patok perbatasan. Selanjutnya kita akan mengadakan kerjasama dengan Satgas Pamtas Yonif 407/PK,” ucapnya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IX/Udayana Kodam I/Bukit Barisan Kodam XVI/Patimura Kodam II/Sriwijaya Kostrad Artikel Tips Kesehatan Puspen TNI
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Satgas Pamtas Yonif 407/PK Melaksanakan Patroli Patok Batas RI-PNG Bersama BPPD Merauke