TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgaspamtas Yonmek 516/CY Temukan Ladang Ganja Di Perbatasan RI – PNG

By 11 Aug 2016 08:33Kodam V/Brawijaya
B. 08 Satgaspamtas Yonmek 516 CY Temukan Ladang Ganja Di Perbatasan RI – PNG (1)

          Keerom,- Prajurit Batalyon Infanteri Mekanis (Yonmek) 516/Caraka Yudha Kodam V/Brawijaya, Surabaya, berhasil menemukan ladang ganja di Kampung Kalilapar, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.

          Satuan yang dipimpin Letkol Inf Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si itu saat memang tengah melaksanakan tugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) diperbatasan wilayah RI-Papua Nugini sektor utara.

            Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonmek 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si membeberkan, penemuan ladang ganja di hutan Kampung Kalilapar berada pada koordinat 9506 3415 dengan kondisi pohon ganja yang tumbuh tidak teratur.

            “Informasi tentang adanya ladang ganja diperoleh dari salah seorang warga yang tidak mau disebutkan identitasnya yang melaporkan kepada Kapten Inf Choky Gunawan sebagai Wakil Komandan Satgas (Wadansatgas) Pamtas Yonmek 516/CY, bahwa di Kampung Kalilapar, Distrik Waris terdapat pohon-pohon ganja yang tumbuh di tengah-tengah tanaman ubi, tomat, dan tembakau yang ditanam oleh orang tak dikenal,” ujar Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si melalui keterangan tertulisnya kepada media ini, Kamis (11/8/2016).

            Usai memeroleh konfirmasi itu, Wadansatgas Pamtas Yonmek 516/CY Kapten Inf Choky Gunawan beserta 10 anggota langsung melakukan pengecekan. Setibanya di lokasi, ditemukan sebanyak 47 pohon ganja basah ganja yang tingginya bervariasi mulai dari ukuran 15 cm sampai dengan 2 meter di lahan tersebut.

            “Selanjutnya tim melaksanakan pencabutan, lalu pohon ganja tersebut dibawa ke Mapolres setempat sebagai barang bukti,” tandasnya.

           Dari temuan ini, Dansatgas Pamtas Yonif 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si telah berkoordinasi dengan pihak yang berwenang terkait penemuan tanaman ganja tersebut.

            “Kami menghimbau sekaligus mengajak masyarakat untuk merapatkan barisan sejajar dengan kami untuk mencegah atau menangkal segala bentuk penyalahgunaan narkoba baik itu pemasok, pemakai, pengedar bahkan bandar yang akan masuk ke wilayah perbatasan RI-PNG ini. Mari kita ciptakan masyarakat dan generasi muda anti narkoba”. Terang Dansatgas Pamtas Yonif 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IX/Udayana Kodam I/Bukit Barisan Kodam XVI/Patimura Kodam II/Sriwijaya Kostrad Artikel Tips Kesehatan Puspen TNI
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Satgaspamtas Yonmek 516/CY Temukan Ladang Ganja Di Perbatasan RI - PNG