TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Serda Kadek Anny, Kowad Cantik, Pelanggan Emas di Ajang Judo

By 29 Aug 2016 07:22Bilik Prestasi
kadek4

Tim judo Indonesia pulang ke Tanah Air dengan kepala tegak setelah menjadi juara umum pada SEA Games 2015 Singapura. Tim bisa pulang dengan lega karena hasil yang diraih selama tiga hari di Singapura sangat memuaskan. Penantian selama 20 tahun untuk menjadi Juara Umum Judo terbayar sudah. Empat medali emas Indonesia dipersembahkan salah satunya oleh Ni Kadek Anny Pandini di kelas 57 kg, Kowad Cantik, pelanggan emas di ajang Judo.Selintas gambaran diatas menyiratkan betapa tangguhnya para pejudo kita, yang ternyata salah seorang dari mereka merupakan anggota Korps Wanita Angkatan Darat bernama lengkap Serda (K) Ni Kadek Anny Pandini.

kadek3

Ni Kadek Anny Pandini yang akrab disapa Anny, dilahirkan di Denpasar, Bali 10 Mei 1993, adalah anak ke dua dari tiga bersaudara. Kakak bernama Ni Putu Rina Ayuwangi dan adik bernama Serda I Komang Bagus Bayuanan. Mereka terlahir dari pasangan ayah yang merupakan purnawirawan TNI AD bernama I. Wayan Sarjana dan Ibu rumah tangga bernama Ni Desak Putu Redini.

Ni Kadek semasa kecil lebih menyukai olahraga beladiri Pencak Silat dengan dalih bahwa olah raga tersebut menjadi bekal untuk menjaga diri. Ketika duduk di kelas VI Sekolah Dasar, karena terbujuk oleh rekan-rekannya, ia pun mulai mendaftarkan diri dan mengikuti latihan beladiri Judo di sebuah sasana yang terletak tidak terlalu jauh dari tempat tinggalnya. Setelah 6 bulan mengikuti latihan secara intensif, Ni Kadek terpilih menjadi Judoka yang memenuhi syarat diikutsertakan pada Kejurda Junior (13-16 th) di Bali 2005.

Pada even ini Ni Kadek berhasil mempersembahkan yang terbaik dengan meraih Medali Emas. Sangat fantastis, dalam waktu 6 bulan terjun di dunia beladiri Judo, langsung mampu mengatasi lawan-lawannya yang sudah bergelut di dunia Judo bertahun-tahun lamanya.

Hal ini merupakan langkah awal Ni Kadek menapaki dunia Judo secara profesional hingga saat ini menjadi pejudo tangguh di tingkat nasional bahkan internasional. Melakukan aktivitas olahraga Judo yang sedemikian padat, dikaitkan dengan statusnya sebagai seorang pelajar memang bukan perkara mudah. Kedua aktivitas tersebut seringkali berbenturan, sementara keduanya harus bergerak seiring sejalan. Karena Ni Kadek sudah bernaung dibawah KONI, untuk menyiasati kekurangan pelajaran bagi para atlet yang tertinggal dilakukan home schooling.

Meski awalnya tertatih-tatih, akhirnya pada tahun 2011 jenjang pendidikan SLA berhasil diselesaikannya dengan baik. Setamat SLA, aktivitas Judo dilakukannya secara total karena sudah tidak terbebani pelajaran sekolah. Pada tahun 2013 Ni Kadek mengikuti pertandingan Judo “Kartika Cup”  di Bandar Lampung. Pada turnamen itu semua lawan tangguh yang terjun dalam kejuaraan tersebut berhasil ditaklukkannya, dan ia berhasil berdiri di podium tertinggi untuk menerima Medali Emas. Selama hampir dua tahun setelah menamatkan SLA, ia berkonsentrasi penuh pada olahraga Judo tanpa aktivitas lain.

kadek2

 Ni Kadek Anny Pandini (Biru) saat berlaga di Sea Games Singapura 2015.

TNI Angkatan Darat selaku organisasi yang sangat peduli terhadap anak bangsa yang berprestasi, menawarkan kepada Ni Kadek Anny Pandini untuk bergabung menjadi prajurit TNI AD melalui program Caba Unggulan Khusus Atlet. Karena sudah termotivasi oleh Sang Ayah yang juga seorang prajurit TNI AD, dengan tangan terbuka tawaran itu disambutnya. Berbekal restu orang tua dan saudara, Ni Kadek beserta adik kandung dan ratusan para pendaftar lainnya menjalani seleksi tingkat daerah.

Predikat atlet yang disandangnya ternyata tidak mengurangi bobot seleksi yang harus ditempuhnya. Porsi seleksi yang harus dilakukannya sama dengan apa yang dilakukan oleh peserta lainnya. Hasil seleksi daerah meloloskan hampir 100 peserta yang selanjutnya harus menjalani seleksi lanjutan tingkat pusat di Pusdikkes Jakarta. Pada seleksi tingkat pusat berhasil meloloskan sekitar 80 peserta termasuk Ni Kadek dan adik kandungnya.

Bagi mereka yang dinyatakan lulus seleksi tingkat pusat langsung mengikuti pendidikan di lembaga pendidikan sesuai pengelompokannya. Ni Kadek mengikuti pendidikan di Pusat Pendidikan Kowad, di Lembang, Bandung selama lima bulan lamanya. Selama mengikuti pendidikan dasar kemiliteran, aktivitas Judo tidak dilakukannya sama sekali.

Sekitar bulan Oktober 2014 Ni Kadek dilantik menjadi Sersan Dua, selanjutnya harus menempuh pendidikan kejuruan di Pusdik Bekang selama empat bulan lamanya. Bersamaan dengan itu Ni Kadek mendapat panggilan untuk mengikuti TC (Training Center) di Korea Selatan selama tiga bulan bersama para atlet Indonesia di cabang olahraga lainnya dalam rangka menghadapi Sea Games Singapura 2015.

Kegiatan pendidikan kejuruan saat itu praktis tanpa kehadiran Ni Kadek karena harus mengikuti kegiatan atlet di Korea. Setelah tiga bulan TC, Ni Kadek kembali ke tanah air dan langsung melaksanakan kewajiban militernya mengikuti sisa waktu satu bulan di Pusdik Bekang Cimahi. Ditengah kegiatan rekan-rekannya di Pusdik Bekang yang telah melaksanakan kegiatan selama tiga bulan, sementara hanya tersisa waktu satu bulan bagi Ni Kadek untuk menyesuaikan. Solusinya adalah siang malam Ni Kadek dibawah bimbingan khusus harus menjalani proses belajar dalam waktu sisa, yakni satu bulan. Hal itu dimaksudkan agar ilmu yang diperolehnya selama satu bulan dan yang diperoleh rekan seangkatannya yang menempuh waktu empat bulan, memiliki tingkat pengetahuan yang sama.

Setelah pendidikan berakhir, Ni Kadek mendapatkan kehormatan untuk mengemban tugas di Dinas Jasmani TNI AD, Cimahi Jawa Barat sekaligus menjadi induk pembinaan beberapa cabang olahraga di lingkup TNI AD. Aktif menjadi organik TNI AD, aktifitas Judo pun semakin padat. Ni Kadek beserta para Atlet Indonesia dilepas Presiden Jokowi untuk mengikuti Sea Games 2015 di Singapura.

Pertandingan di “Negeri Seribu Satu Larangan” ini terasa sangat ketat karena semua negara peserta mengirimkan atlet terbaiknya. Meski demikian melalui perjuangan yang gigih,  Tim Judo Indonesia menjadi cabang olahraga pertama dari Kontingen SEA Games 2015 yang melampaui target perolehan Medali Emas. Tim sebenarnya menargetkan tiga Medali Emas pada ajang itu. Namun Ni Kadek Anny Pandini dan kawan-kawan justru mampu mempersembahkan Empat Medali Emas, Satu Perak, dan Dua Perunggu.

“Rombongan Judo Indonesia yang selama tiga hari berjuang di Hall 2 Singapura Expo, tempat pertandingan beladiri SEA Games 2015 dilaksanakan, merasa puas dan bangga. Pengorbanan tenaga, waktu, dan pikiran dari para atlet akhirnya terbayarkan. Lega setelah bisa meraih kembali Medali Emas sekaligus menjadikan Tim Judo Indonesia sebagai Juara Umum,” ungkap Serda Ni Kadek kepada Redaksi Majalah Palagan di Gedung Olahraga Pajajaran tempatnya berlatih.

Sejak aktif menekuni beladiri Judo berbagai prestasi berhasil diraihnya, diantaranya adalah :

Medali Perak PON Kaltim 2008

– Medali Emas Kejurnas Malang 2011,

– Medali Perak Sea Games Indonesia 2011,

– Medali Emas PON Riau 2012,

– Medali Emas Kejurnas 2013, Lampung,

– Medali Perunggu Sea Games Myanmar 2013,

– Medali Emas Kejurnas Kualifiakasi PON Jabar 2015, dan

– Medali Emas Sea Games Singapore 2015

Ni Kadek, atlet judo nasional di kelas 57 kg, dengan berat badan 57 kg serta tinggi 162 cm,  karena prestasinya mengharumkan nama baik satuan, Pimpinan TNI AD memberikan penghargaan berupa kenaikan pangkat lebih awal dua periode dibandingkan dengan rekan seangkatannya.

Prestasi gemilang yang berhasil melambungkan namanya tidak lantas membuatnya lupa diri. Serda Ni Kadek masih seperti Ni Kadek yang dulu, Ni Kadek yang taat pada orang tua, ramah, bersahaja, serta mudah bergaul.

Ketika disinggung tentang rencana perjalanan kehidupannya kedepan, dengan mata berkaca-kaca memberi jawaban bahwa ia memprioritaskan ingin membalas budi, membahagiakan kedua orang tua yang telah bersusah payah membesarkan dan membimbingnya hingga dirinya menjadi seperti sekarang ini.

Terus Ukir Prestasimu Hingga Semua Lawan Takluk di Tanganmu, Ni Kadek. (Redaksi).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Serda Kadek Anny, Kowad Cantik, Pelanggan Emas di Ajang Judo