TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

“Silathurami Dandim 0503/JB Bersama Para Veteran”

By 14 Aug 2016 16:20Kodam Jaya
14816 Dandim 0503 JB Kami Akan Terus Perhatikan Nasib Para Veteran a

Sabtu 13 Agustus 2016 Pukul 08.00 s.d 11.00 wib di Makodim 0503/JB di Jl. S Parman No.3 Jakbar telah dilaksanakan Silathurami Dandim 0503/JB Letkol Inf Wahyu Yudayana, dengan para Veteran, Mitra Jaya, Jaring Intel dan komponen Masyarakat Jakarta Barat dalam rangka HUT Kemerdekaan RI Ke 71. Mantan pejuang angkatan 45 Kolonel H. W. Sriyono mengatakan, dirinya yang berjuang untuk Negara Indonesia sebelum adanya TNI. Sehingga, pada saat itu dirinya ditandai dengan cikal bakal Tentara Nasional Indonesia yang berdiri pada tahun 1947.

Meski nasib veteran sempat tak diperhatikan oleh pemerintah. Namun, saat ini para veteran sudah sedikit lebih sejahtera dibandingkan beberapa tahun silam. Pasalnya, berbagai fasilitas pun telah diterima oleh 7000 anggota veteran yang masih ada di Indonesia, akan tetapi pejuang angkatan 45 hanya bisa terhitung dengan jari.

“Sejak presiden SBY kesejahteraan kami diperhatikan seperti tunjangan veteran dan kehormatan serta Fasilitas diantaranya PBB mendapat potongan 75 persen, tiket pesawat 15 persen dan kereta api 50 persen, Ujarnya.

Sriyono yang merupakan ketua veteran di DKI Jakarta mengimbau kepada seluruh generasi muda agar jangan melupakan sejarah perjuangan Indonesia terutama pada para pahlawan dan veteran. Hal itu dikarenakan, jika tanpa ada para pejuang yang sudah gugur dan‎ veteran yang berperang, mungkin tidak ada negara Indonesia di dunia ini.

“Harus ingat dengan pepatah bung Karno, jangan pernah melupakan sejarah. Nah saya melihat di jaman saat ini pemuda banyak bukan tidak tahu tapi mereka tidak mau tahu bagaimana sejarah merah putih zaman terdahulu. Di zaman saat ini sudah tidah ada sejarahwan karena buku-buku yang tersebar itu apa yang diceritakan kalian tulis bukan merasakan bagaimana perjuangan kami ini,” tuturnya.

‎Sementara itu, Dandim 0503 Jakarta Barat Lekol Inf Wahyu Yudhayan mengatakan, pihaknya akan terus memerhatikan para veteran yang ada DKI Jakarta. Selain itu, kata ia, dirinya akan kerap melakukan pertemuan dengan para veteran di Kodim 0503 Jakarta Barat.

“Kita menghadirkan 248 veteran, namun veteran yang ikut perang kemerdekaan hanya 1 orang saja. Sisanya veteran mempertahankan kemerdekaan yakni dari Trikora Dwikora dan timor-timor. Besok pemberian bingkisan tapi kita datang ke rumahnya satu persatu sebagai bentuk kehormatan kami kepada veteran,” Ujarnya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam XVI/Patimura Puspen TNI Kodam Iskandar Muda
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

"Silathurami Dandim 0503/JB Bersama Para Veteran"