TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Swasembada Pangan, Koramil Benowo dan Petani Gotong Royong Benahi Saluran Irigasi

By 22 Aug 2016 06:58Kodam V/Brawijaya
Swasembada Pangan, Koramil Benowo dan Petani Gotong Royong Benahi Saluran Irigasi b

Surabaya,- Guna mensukseskan program swasembada pangan nasionan, baik para petani maupun lahan pertanian di Kecamatan Pakal Kota Surabaya mendapat perhatian serius dari TNI. Pencanangan pada tahun 2017 sudah bisa mencapai target kedaulatan pangan, pemerintah pusat telah menjalin kemitraan, khususnya dengan TNI Angkatan Darat, untuk mendampingi petani baik dari segi bercocok tanam maupun pengoptimalan irigasi.

 

Seperti yang terlihat di Kelurahan Pakal Kecamatan Pakal, Anggota Koramil 0830/06 Benowo jajaran Kodim 0830/Surabaya Utara bersama Kelompok Tani Pakal Sejahtera, melakukan kerja bakti dan gotong-royong membersihkan saluran irigasi sawah dengan mengoperasionalkan diesel pompa air 2 unit untuk mendukung pengairan lahan sawah di wilayah tersebut, Minggu (21/08).  Dengan luas lahan tanam ditargetkan utk masa tanam 10 Ha.  Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan bantuan pupuk dan bibit padi dari Dinas Pertanian Surabaya.
Camat Drs. Agus Setyoko, M.Si, menyampaikan bahwa Babinsa yang selama ini bertugas di desanya selalu memberikan saran-saran yang positif termasuk kegiatan gotong-royong.

“Yang saat ini kami lakukan juga atas saran beliau. Kami sangat terbantu dengan kehadiran babinsa yang sudah berperan serta di masyarakat untuk kemajuan desa kami dan khususnya dalam memajukan pertanian”, ujar Drs. Agus Setyoko, M.Si.

Sedangkana menurut Danramil 0830/06 Benowo Mayor Arm Sugiyanta, mengatakan bahwa “Saluran irigasi mempunyai fungsi penting dalam keberhasilan pertanian.

”Dengan membersihkan saluran irigasi sawah dan mengoperasionalkan diesel pompa air 2 unit saluran irigasi itu maka pengaturan air menjadi lebih tertib. Sehingga pemanfaatan air menjadi lebih efektif,” jelasnya.
Terpisah, Dandim 0830/Surabaya Utara, Letkol Arm Beny Hendra Suwardi, S.Sos., menyampaikan bahwa kegiatan gotong-royong tersebut merupakan salah satu upaya untuk mensukseskan pertanian dan dalam mengoptimalkan sistem irigasi yang ada dengan baik maka harus dilakukan pembersihan agar pengairan disawah dapat berjalan dengan lancar.
“Saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian harus terus dijaga kelancarannya, sehingga sektor pertanian mampu menghasilkan hasil panen yang maksimal yang mampu mendongkrak kesejahteraan para petani”, pungkasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Swasembada Pangan, Koramil Benowo dan Petani Gotong Royong Benahi Saluran Irigasi